Pemimpin ISIS, Al-Baghdadi Tewas Dalam Serangan Udara Rusia?
pemimpin kelompok ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi @crisismagazine

MALANGTODAY.NET – Kematian pemimpin kelompok  ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi dilaporkan telah tewas menurut Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat (16/6).

Pemimpin ISIS tersebut tewas usai Rusia menggempur wilayah sekitar Kota Raqqa, Suriah dengan serangan udara pada 28 Mei 2017 lalu.

“Menurut informasi yang sekarang diperiksa melalui berbagai saluran, turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah pemimpin ISIS, yaitu Abu Bakar al-Baghdadi, yang telah tewas sebagai hasil serangan udara tersebut,” demikian informasi pihak Rusia itu melalui media sosial Facebook.

Serangan udara itu diluncurkan setelah pasukan Rusia di Suriah menerima informasi intelijen sangat sensitif bahwa pertemuan para pemimpin ISIS sedang direncanakan.

“Pada tanggal 28 Mei, setelah pesawat tak berawak digunakan untuk mengkonfirmasi informasi mengenai tempat dan waktu pertemuan para pemimpin ISIS, antara pukul 00:35 dan 00:45 waktu setempat, Angkatan Udara Rusia melancarkan serangan ke titik yang diperintahkan di mana para pemimpin ISIS berada,” catat Kementerian Pertahanan Rusia.

Serangan tersebut diyakini telah membunuh beberapa pemimpin senior kelompok tersebut, serta sekitar 30 komandan lapangan dan lebih dari 300 penjaga pribadi mereka, kata pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Sementara itu, pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang melawan ISIS mengaku tidak dapat mengkonfirmasi laporan Rusia bahwa Baghdadi mungkin telah terbunuh.
Pasukan Rusia mendukung Pemerintah Suriah di bawah kepemimpinan Presiden Bashar Al-Assad yang berperang melawan ISIS, terutama dari sisi barat. Sedangkan, pasukan koalisi pimpinan AS mendukung pasukan Pemerintah Irak yang berperang melawan ISIS dari sisi timur Suriah.

Cuplikan rekaman gambar publik terakhir Baghdadi menunjukkan dirinnya pada tahun 2014 mengenakan pakaian jubah berwarna hitam dan mengumumkan kekhalifahannya dari mimbar Masjid al-Nuri yang dibangun pada abad pertengahan di Mosul.

Dengan nama lahir Ibrahim al-Samarrai, Baghdadi adalah seorang Warga Negara Irak berusia 46 tahun yang memisahkan diri dari Al Qaeda pada tahun 2013, dua tahun setelah penangkapan dan pembunuhan pemimpin kelompok tersebut, Osama bin Laden. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

Loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.