Gara-gara Patung Ini, Hubungan Jepang-Korsel Menghangat
Patung yang Sebabkan Jepang Tarik Dubes dari Korea

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Jepang baru saja menarik duta besarnya untuk Korea Selatan. Sebab, beberapa aktivis asal negeri gingseng telah mendirikan patung wanita penghibur era Perang Dunia II di dekat kantor Konsulat Jepang, Kota Busan.

Seperti diberitakan Detik, patung wanita itu menjadi salah satu bentuk mengenang wanita Korsel yang semasa Perang Dunia II bekerja di rumah bordil militer Jepang. Sementara Jepang beranggapan, patung itu telah melanggar kesepakatan kedua belah negara dalam menyelesaikan wanita penghibur tersebut.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, mengatakan, keberadaan patung tersebut sangat disesalkan. Sebab pada 2015, Jepang dan Korsel sepakat bahwa isu tak akan lagi mencuat apabila seluruh persyaratan dalam perjanjian, termasuk permohonan maaf dan dana bagi korban dari Jepang dipenuhi.

Bahkan dengan adanya bentuk protes dari warga Korsel itu, Jepang mengaku akan menarik dubesnya untuk sementara waktu. Namun pihak pemerintah Jepang juga tidak menyebutkan, sampai kapan penarikan tersebut akan dilakukan.

Tak hanya itu, Suga juga menambahkan, pihaknya akan menunda dialog ekonomi tingkat tinggi serta perundingan pertukaran mata uang baru dengan negeri gingseng tersebut.

Sementara itu, Kementerian Keuangan Korsel secara terpisah menyatakan bahwa pihaknya sangat menyesal, karena pembahasan soal pertukaran mata uang ditunda karena alasan politik.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here