Norwegia Resmi Jadi Negara Pertama Tanpa Saluran Radio FM
Norwegia tanpa saluran radio FM (ist)

MALANGTODAY.NET – Norwegia resmi jadi negara pertama yang menghapus saluran radio FM (Frequency Modulation) pada Rabu (13/12). Meskipun dapat banyak kritikan dari masyarakat, pemerintah tetap menjalankan kebijakan ini.

Dilansir dari AFP, Norwegia sudah lama merencanakan untuk mengalihkan siaran radio FM ke Digital Audio Broadcasting (DAB). Saat ini, transisi baru saja rampung dengan menjangkau wilayah paling utara Norwegia dan kepualauan Svalbard di Arktik.

Perpindahan frekuensi ini sudah dimulai sejak 11 Januari 2017. Tujuan pemindahan ini adalah untuk memanjakan pendengar dengan kualitas suara yang jernih, lebih banyak frekuensi stasiun radionya dan pastinya menghemat biaya operasional.

Transisi ini sempat membuat geger perusahaan radio dan masyarakat. Karena tidak semua wilayah Norwegia dapat menerima sinyal DAB dengan baik. Sedangkan dari pihak perusahaan, mereka sedikit terbebani dengan biaya untuk membeli reciever atau adaptor baru yang harganya sekitar 100 sampai 200 euro, setara dengan Rp. 1,6 sampai 3,2 juta.

Selain itu untuk pendengar yang ingin mendengarkan radio di mobil, hanya 49 persen saja mobil yang bisa memutar DAB.

Pada hari pertama transisi, jumlah pendengar turun drastis sebesar 10 persen dalam satu tahun. Namun, menurut Kepala Digitalradio Norge (DRN), penurunan drastis di awal ini merupakan hal yang wajar. Dirinya berpendapat bahwa pemerintah harus membiarkan masyarakat beradaptasi dulu.

“It’s a big change and we have to give listeners time to adapt to digital radio. After each shutdown (in a region), we noticed that the audience first dropped but then rose again,”

“Ini adalah kesempatan besar dan kita harus memberikan waktu kepada para pendengar untuk beradaptasi dengan radio digital. Setelah penghapusan, kami menyadari bahwa angka pendengar turun drastis, tapi tidak lama kemudian kembali naik,” ucapnya.

Pengalihan ini hanya dilakukan untuk radio nasional saja. Radio lokal per daerah, tetap menggunakan frekuensi FM.

Transisi radio FM ke DAB juga akan diikuti oleh beberapa negara lain seperti Swiss, Inggris, dan Denmark.

Loading...