Negara Tetangga Jadi Paling Dermawan di Dunia, Halo Indonesia?
Ilustrasi bantuan untuk negara asing @YouTube

MALANGTODAY.NET – Tolak ukur dermawan seseorang biasanya dinilai dari kemurahan hatinya untuk memberi bantuan pada orang lain. Pertolongan tersebut bisa berupa materi maupun non materi. Namun jika bicara dalam konteks negara, negara mana yang paling dermawan?

Dilansir dari Kompas.com, salah satu organisasi amal yang berbasis di Inggris bernama Charities Aid Foundation (CAF) baru saja merilis 140 negara di dunia dengan tingkat kedermawanan paling tinggi. CAF memperkenalkan indeks The World Giving untuk mengukur tingkat kedermawanan negara berdasarkan 3 faktor utama, yaitu jumlah orang yang menjadi sukarelawan, membantu orang asing, dan sumbangan moneter.

Baca Juga: Tak Hanya Jamal Khashoggi, 4 Jurnalis Ini Juga Tewas ‘Dibungkam’ Pemerintah

Survei dilakukan terhadap 145.000 responden dari 139 negara. Hasilnya adalah negara Myanmar menduduki peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia. Myanmar mengalahkan negara-negara besar yang biasa dikatakan sebagai negara maju, seperti Amerika Serikat (peringkat 2), Australia (3), Kanada (6), Inggris (8), dan Uni Emirat Arab (10).

Meski demikian, Myanmar bukanlah satu-satunya negara Asia yang berada dalam 5 besar daftar ini. Selain Myanmar, ada Sri Lanka di urutan 5. Sri Lanka berada di bawah negara tetangga Australia, Selandia Baru yang berada di posisi ke 4.

Adapun Indonesia juga berhasil mencatatkan peringkat yang cukup impresif. Meski kerap diterpa isu politik dalam negeri dan kondisi ekonomi yang fluktuaktif, Indonesia nyatanya berhasil menduduki peringkat ketujuh dan mengungguli Inggris yang merupakan markas dari CAF sendiri. Indonesia juga berhasil mengalahkan negara kaya raya Uni Emirat Arab yang hanya berada di posisi 10.

Baca Juga: Tak Disangka, Pembobol Kartu Kredit Lintas Negara Ini Bahkan Tidak Lulus SMP

Negara Tetangga Jadi Paling Dermawan di Dunia, Halo Indonesia?
Ilustrasi bantuan untuk negara asing @Volunteer Solutions

Berikut ini adalah 10 negara paling dermawan versi CAF

  1. Myanmar
  2. Amerika Serikat
  3. Australia
  4. Selandia Baru
  5. Sri Lanka
  6. Kanada
  7. Indonesia
  8. Inggris
  9. Irlandia
  10. Uni Emirat Arab

Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...