Negara Muslim Ini Jadi Satu-Satunya Yang Perbolehkan LGBT
Gay Pride Festival and Parade @ cnn.com

MALANGTODAY.NET – Turki adalah negara muslim satu-satunya yang memperbolehkan kaum LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender) berada di masyarakatnya.

Namun, baru-baru ini negara dengan ibukota Istanbul tersebut, tidak memperbolehkan adanya acara apapun yang berhubungan dengan LGBT. Mulai dari film, acara musik, forum diskusi, pameran, hingga pawai.

Dilansir dari cnn.com, hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya kebencian dan permusuhan yang di provokasi oleh golongan tertentu.

Gubernur Ankara, Mehmet Killclar, mengatakan bahwa acara yang berhubungan dengan LGBT dapat menganggu keamanan publik, serta sensitifnya isu tersebut di masyarakat.

Pada Rabu (15/11), pemerintah Ankara melarang pelaksanaan German Gay Film Festival dengan alasan keamanan publik.

Meskipun masyarakat diperbolehkan, para aktivis mengatakan bahwa LGBT sering dijadikan sasaran kemarahan dan homophobia masyarakat.

Sejak diresmikan pada tahun 1923, kaum LGBT selalu menjadi sasaran massa yang tidak setuju dengan kebijakan tersebut.

Hal ini juga membuat Turki menjadi negara dengan tingkat kekerasan paling tinggi di benua Eropa.

Bagaimana tidak? Pada perayaan Gay Pride Festival and Parade bulan Juni lalu, polisi terpaksa menghentikan pawai dengan gas air mata dan peluru karet.

Negara Muslim Ini Jadi Satu-Satunya Yang Perbolehkan LGBT
Peserta pawai LGBT dibubarkan dengan gas air mata dan peluru karet oleh polisi @ cnn.com

Pawai itu sebenarnya sudah dilarang dalam tiga tahun terakhir, tapi masih banyak masyarakat yang nekat melakukan kegiatan tersebut.

“The march will not be allowed for the safety of our citizens, first and foremost the participants, and tourists who are in the area visiting,”

“Pawai tersebut tidak diizinkan dengan alasan keamanan masyarakat, terutama peserta, dan wisatawan yang sedang berada di daerah tersebut,” ucap Mehmet saat ditanyai tentang pawai tersebut di tahun ini.

Pemerintah berharap dengan adanya larangan ini, tingkat kekerasan di Tukri akan menurun dan secara tidak langsung akan tercipta kedamaian antar individu masyarakat Tukri. (Ans)

Loading...