Mineral Langka Ditemukan di Jepang, Jumlahnya Bikin Melongo
Itrium (Pinter Pandai)

MALANGTODAY.NETPara peneliti menemukan belasan juta ton mineral langka di lepas pantai Jepang. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature bulan April 2018 lalu, jumlah mineral langka ini mencapai 16 juta ton. Jumlah tersebut diperkirakan bisa digunakan hingga berabad-abad medatang.

Mineral bernama itrium ini merupakan bahan yang dapat digunakan dalam berbagai macam hal. Mineral langka ini dapat dijadikan sebagai sumber tenaga dalam batrai ponsel hingga kendaraan listrik.

Pada dasrnya mineral tersebut merupakan unsur yang terdapat di lapisan kerak bumi, hanya saja biasanya tersebar di sejumlah wilayah. Mineral tersebut sangat jarang ditemukan dalam jumlah yang sangat besar di satu wilayah tertentu.

Proses ekstraksi itrium yang sangat mahal. Oleh sebab itu tak banyak negara yang mampu melakukan penambangan terhadap logam ini.

Dikutip dari Kompas.com, pada Rabu (2/1/2019), penemuan itrium dalam jumlah yang sangat besar ini dapat mengubah peta ekonomi global. Logam-logam tersebut diperkirakan mampu memberikan pasokan secra semi-tak terbatas ke seluruh dunia.

Lokasi ditemukannya mineral ini terletak di lepas pantai Pulau Minamitori. Pulau tersebut termasuk ke dalam zona ekonomi eksklusif di Jepang.

Hingga kini para peneliti masih terus melakukan studi lanjutan. Hal ini dilakukan untuk menciptakan teknik penambangan dengan biaya paling murah.

Penulis : Kistin S
Editor : Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.