AS Bikin Militer di Luar Angkasa, China Gerah!
Ilustrasi militer luar angkasa @Geek Tyrant

MALANGTODAY.NET – Rencana Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, membentuk komando militer di luar angkasa ditentang keras oleh Pemerintah China. Hal ini karena memungkinkan untuk menjadikan luar angkasa sebagai medan perang baru.

“Kami menentang upaya mengubah ruang angkasa menjadi medan perang baru,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, dikutip dari Sindo News, Kamis (20/12/2018).

Pemerintah China juga menegaskan kembali komitmennya untuk mewujudkan ruang angkasa sebagai ruang untuk perdamaian. Menurutnya, keberadaan militer di atas sana dinilai menyeleweng dari komitmen perdamaian yang telah diusulkan sebelumnya.

“China telah konsisten mengusulkan penggunaan ruang angkasa untuk perdamaian, dan menentang senjata di ruang angkasa dan kompetisi senjata di ruang angkasa,” ujar Hua.

Sebelumnya, instruksi Trump itu telah diprediksi akan sulit direstui di negeri sendiri. Pasalnya, pembentukan kamp militer di luar angkasa perlu persetujuan Kongres AS. Sementara itu, Kongres AS sendiri sedang skeptis mengingat keputusan tersebut bisa menimbulkan pembengkakan biaya.

Trump bukan pertama kali mengusulkan hal ini. Pada Juni lalu, ia mengusulkan pembentukan Angkatan Luar Angkasa sebagai cabang militer baru selain Angkatan Darat, Laut, Udara, Korps Marinir, dan Penjaga Pantai.

Sementara itu, Pemerintah China diklaim telah memperkuat kemampuan ruang angkasanya dalam beberapa tahun terakhir. Terbaru, negara tersebut telah meluncurkan rover ke sisi bulan. Banyak pihak menilai hal tersebut adalah realisasi dari ambisi Negeri Tirai Bambu untuk menjadi negara adikuasa.


Penulis : Hafidh
Editor : Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.