Semakin panas! suriah tembak jet israel
ilustrasi Suriah menembak jatuh pesawat tempur Israel @MalangToday/istimewa

MALANGTODAY.NET – Ketegangan antara Suriah dan Israel semakin tak terbendung lagi, hal tersebut lantaran dipicu aksi Suriah menembak jatuh salah satu pesawat tempur milik Israel.

Sumber militer otoritas Suriah menyatakan pertahanan udara Suriah telah menambak jatuh satu dari empat jet tempur Israel yang menyerang posisi militer Suriah di Provinsi Homs, Suriah Tengah, sebelum fajar Jumat (17/3) waktu setempat.

Empat pesawat tempur Israel menerobos wilayah udara Suriah pada pukul 02.40 waktu setempat, di Wilayah Braij dan menyerang satu posisi militer di dekat Kota Palmyra di pinggir timur Homs, ujar sumber militer Suriah itu.

Ditambahkannya, sistem pertahanan udara Suriah membalas serangan itu, menembak-jatuh satu jet Israel di dalam wilayah Israel, dan mengenai satu pesawat lagi sementara memaksa pesawat lain menyelamatkan diri.

“Serangan keji ini dilancarkan untuk memperlihatkan dukungan musuh Zionis buat gerombolan Islamic state (IS) dan upaya yang sia-sia untuk mengangkat moral mereka yang sudah jatuh,” kata pernyataan tersebut.

Pesawat tempur yang jadi sasaran empuk militer Suriah tersebut jatuh di dalam wilayah Israel. Militer Suriah menegaskan tekad untuk menghadapi setiap serangan Israel pada masa depan terhadap posisi Suriah, dikutip dari Antara dari laporan Xinhua.

Di sisi lain, Israel menyatakan peristiwa tersebut dramatis, sebab itu untuk pertama kali militer Suriah menanggapi secara langsung dengan cara sedemikian rupa terhadap serangan yang berulang-kali dilancarkan Israel terhadap posisi militer Suriah di dalam wilayah Suriah selama perang enam-tahun.

Namun media Israel menyatakan serangan udara itu “ditujukan kepada pengiriman senjata untuk faksi Syiah Lebanon Hizbullah”.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here