Kronologi Pembunuhan Kim Jong-nam @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Awal pekan ini dunia gempar dengan tewasnya Kim Jong-nam, saudara tiri Presiden Korea Utara Kim Jong-un. Tewasnya putra sulung Kim Jung-il terebut diduga sengaja dibunuh oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab.

Berikut kronologi episode demi episode pembunuhan Kim Jong-nam yang dirangkum dari berbagai sumber;
 
1. Diserang di Bandara Malaysia

Ilustrasi ruang keberangkatan bandara @MalangTODAY/Istimewa


Senin (13/2/2017) pagi, Kim Jong-nam berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 dan sedang menanti keberangkatan pesawat menuju Makau, tempat tinggalnya. Pesawat akan lepas landas pada pukul 10.50 waktu setempat.
 
Kim Jong-nam ketika berada di ruang keberangkatan Bandara Internasional Kuala Lumpur sempat melapor pada petugas medis, dengan menyatakan kalau dirinya diserang dari belakang. Nahasnya, Jong-nam tewas dalam perjalanan menuju ke rumah sakit.

Pihak berwenang Malaysia pun memutuskan untuk melakukan otopsi terhadap jazad saudara tiri Kim Jong-un tersebut.

Keesokan harinya, Selasa (14/2/2017), belum diketahui secara pasti apa penyebab kematian putra mendiang Kim Jong-il tersebut. Sementara, Amerika Serikat meyakini bahwa kematian Jong-nam merupakan upaya pembunuhan yang dilakukan oleh agen rahasia Korea Utara sendiri.

2. Paspor Pakai Nama Kim Chol

Rabu (15/2/2017), pihak Kepolisian Malaysia menginformasikan bahwa lelaki tambun yang tewas tersebut memiliki paspor dengan nama Kim Chol, dapat diketahui bahwa Jong-nam telah memalsukan identitasnya.

Sementara, Pemerintah Amerika Serikat menyatakan bahwa Jong-nam kemungkinan tewas karena diracun. Selaras dengan Intelijen Korea Selatan percaya bahwa kematian Jong-nam akibat diracun, sebagaimana pernyataan anggota parlemen Korsel.
 
Kepolisian Malaysia bergerak untuk mencari aktor yang diduga terlibat dalam pembunuhan tersebut. Melalui CCTV Bandara Internasional Kuala Lumpur 2, akhirnya Kepolisian Malaysia dapat menemukan titik terang.

3. Tangkap Wanita Berkaos LOL

Wanita Berkaus 'LOL' Terduga Pembunuh Kim Jong-nam ditangkap di Malaysia
Terduga pembunuh Kim Jong-nam dari rekaman cctv bandara @MalangTODAY/Istimewa


Seorang perempuan menggunakan kaus putih bertuliskan ‘LOL’ ditahan oleh kepolisian setempat, ketika dirinya tengah sendirian menanti taksi. Polisi Malaysia mengkonfirmasi kalau terduga tersangka tersebut berpaspor Vietnam, bernama Doan Thi Huong, kelahiran Nam Dinh Mei 1998.

Tidak berhenti sampai di situ, pihak berwenang setempat masih terus mencari tersangka asing lainnya. Sementara pihak Kedubes Korea Utara mendatangi rumah sakit tempat jazad Kim Jong-nam diotopsi.
 
4. Tangkap Siti Aisyah, WNI Asal Serang

@MalangTODAY/Istimewa


Kamis (16/2/2017), Kepolisian Malaysia kembali menyelidiki CCTV dan berhasil menangkap wanita kedua yang diduga masih terlibat dalam insiden tewasnya Kim Jong-nam.

Dalam rilisnya, mereka menyatakan bahwa wanita tersebut berpaspor Indonesia, bernama Siti Aisyahyang berusia 25 tahun. Di sisi lain, pihak Pemerintah Malaysia berjanji akan memberikan jasad Jong Nam melalui Kedubes Korea Utara di Malaysia, ketika seluruh rangkaian proses otopsi dan prosedur medis selesai dilakukan.
 
Terkait keterlibatan WNI dalam pembunuhan di Bandara tersebut, Pemerintah Indonesia sendiri masih memastikan lebih lanjut, apakah benar warganya terlibat dalam kasus tersebut. Nama Siti Aisyah pun menjadi topik hangat hari itu, sementara Kepolisian Malaysia masih berusaha menemukan tersangka lain yang terlibat.
 
Selain kedua wanita terebut, Kepolisian Malaysia juga menangkap Muhammad Farid Jalaluddin di Ampang, Selangor. Pria tersebut adalah warga negara Malaysia yang tidak lain adalah kekasih Siti Aisyah.
 
Kepolisian setempat masih terus mengusut kasus ini pasca mengantungi tiga orang yang diduga terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam.
 
5. Kim Jong-nam Merasa Terancam

Kim Jong-nam pernah menyatakan pada publik bahwa dirinya tidak punya tempat lagi untuk bersembunyi, yang tersisa hanyalah bunuh diri. Sebab itulah dirinya minta pengampunan pada Kim Jong-un.

Jong-nam pun banyak menghabiskan waktu di luar Korea Utara, karena diusir oleh adik tirinya. Putra tertua mendiang Kim Jong-il terebut menghindari sorotan publik selama bertahun-tahun karena ayah dan ibunya yang mantan aktris itu menikah di bawah tangan.
 
Jong-nam menghabiskan waktunya di luar Korut selama sembilan tahun, dia menyelesan pendidikannya di sekolah Internasional Jenewa Swiss. Ketika kembali ke Pyongyang, Jong-nam bergabung bersama ayahnya dan menguasai Korea Utara, sehingga dia pun digadang-gadang menjadi calon penerus utama.

Insiden paspor palsu di Jepang membuat ayahnya begitu malu pada Jong-nam, kesempatan menjadi penerus sang ayah pun meredup. Pasca insiden paspor palsu di Jepang, Jong-nam pun menghabiskan sisa waktunya di Cina, kemudian Macau.
 
‪Salah satu politisi Korea Selatan, Kim Byung-kee menyatakan kalau Kim Jong-un ingin mengakhiri hidup kakak tirinya tersebut, lantaran dia benci pada Jong-nam.‬

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here