Dewan Keamanan PBB Kutuk Peluncuran Rudal Balistik Korut
Ilustrasi rudal (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Korea utara (Korut) dikabarkan memproduksi dua unit rudal baru. Rudal balistik antarabenua (ICMB) ini dilaporkan akan meluncur dalam waktu dekat, berpotensi dilakukan bertepatan dengan pelantikan Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat pada Jumat (20/1) besok.

Menurut  pejabat tinggi  pemerintahan, Pyongyang terpantau telah menyiapkan dua ICBM dan menempatkannya di alat pelontar.

Sebuah kantor berita yang bermarkas di London, merujuk sejumlah media lokal di Korea Selatan untuk mulai memberitakan bahwa negera yang dipimpin Kim Jong-un itu bisa saja menguji coba kedua ICBM itu bertepatan dengan upacara pelantikan Trump.

Dilansir dari cnnindonesia, rudal itu disebutkan memiliki panjang yang diperkirakan kurang dari 15 meter. Ukuran kedua rudal ini lebih pendek dari dari ICBM Korut sebelumnya yang bisa mencapai 19-20 meter.

Seperti diketahui, tahun lalu Korut telah melaksanakan uji coba nuklir dan sejumlah peluncuran misil. Dua unit rudal baru ini memiliki kekuatan yang belum mencapai kemampuan ICBM pada umumnya yang bisa menjangkau hingga 5.500 kilometer.Namun, kedua rudal Korut itu bisa menempuh jarak hingga 2.500 kilometer, yang bisa mencapai wilayah Amerika Serikat.

“Perlu waktu setidaknya dua hingga tiga tahun bagi Pyongyang untuk mengembangkan kapabilitas ICBM dan lima tahun lagi hingga mereka dapat mengoperasikannya,” ujar profesor studi Korut di Universitas Kyungnam, Kim Don-yeob.

Dalam pidato terbarunya, Kim Jong-un menyampaikan persiapan ICBM sudah dalam tahap terakhir. Hal ini akan terus dilakukan pihaknya jika Amerika Serikat tidak menarik militernya dari Korea Selatan.

Donald Trump turut angkat bicara mengenai pembangunan rudal antarbenua milik Korut. Ia menyebut pemabngunan rudal itu tak akan pernah selesai. Ia juga mengatakan, ICBM tidak akan bisa mencapai wilayah negaranya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here