Masih Keturunan Indonesia, 5 Orang Ini Malah Pimpin di Negara Lain
Ilustrasi pemimpin dunia @Wix

MALANGTODAY.NET – Umumnya, pemimpin suatu negara merupakan penduduk negara tersebut yang memiliki garis keturunan asli negara yang bersangkutan. Namun dalam beberapa kasus, ada orang yang bukan berasal dari negara tersebut namun berhasil menjadi pemimpin, salah satunya yang paling dikenal mungkin adalah Barack Obama merupakan Afro-Amerika pertama yang berhasil terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS).

Bicara seputar keturunan, ternyata ada beberapa orang keturunan Indonesia yang berhasil menduduki jajaran pemimpin dalam satu negara. Uniknya, sebagian masih mengingat Indonesia dengan baik dan mengaku cinta dengan Nusantara.

Baca Juga: 3 Cara Bayar Utang Sadis Ala PM Malaysia, Boleh Ditiru Indonesia?

Siapa saja mereka? Dilansir dari Tribun News, berikut ulasannya.

Tun Yusof Ishak
Tun Yusof Ishak
Tun Yusof Ishak (pegang pistol) @The Straits Times

Presiden pertama Singapura itu memimpin negara yang dulunya bernama Tumasik [ada 1965-1970. Setelah ditelusuri, ia ternyata memiliki keturunan Indonesia, tepatnya beraal dari darah Minang – Pagaruyung yang merantau ke Singapura pada 1730. Wajahnya kini diabadikan dalam uang dolar Singapura.

Peter M. Christian
Peter M. Christian
Peter M. Christian @Twitter

Pria ini merupakan presiden dari negara bernama Federated States of Micronesia atau yang lebih dikenal dengan nama Mikronesia saja. Negara ini merupakan kepulauan yang letaknya di utara Papua Nugini dan bersebelahan dengan Filipina. Darah Maluku mengalir dalam tubuh pria yang sempat bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Bogor Juli 2018 lalu.

Baca Juga: Fakta Rahasia Tentang Misi Apollo 7, Pembuka Jalan ke Bulan

Richard Rakotonirina
Richard Rakotonirina
Richard Rakotonirina @YouTube

Richard merupakan Gubernur Akademi Militer Angkatan Darat Madagaskar, negara yang terletak di pesisir timur Afrika. Meski berasal dari Madagaskar, ia mengatakan bahwa dirinya adalah keturunan Indonesia yang diperoleh dari ayahnya. Walaupun memiliki jabatan tinggi, ia mengaku sangat mencintai Indonesia lengkap dengan budaya dan adatnya.

Paul Somohardjo
Paul Somohardjo
Paul Somohardjo @YouTube

Nama belakangnya sangat Jawa sekali, bukan? Yap, Paul yang sebelumnya adalah Ketua Parlemen Suriname periode 2005 – 2010 mendapatkan darah Indonesia dari kakek dan neneknya yang berdarah Semarang dan Surakarta.

Baca Juga: 9 Pesan Terakhir Kriminal Kelas Kakap Sebelum Dieksekusi Mati, Keren!

Ahmad Zahid Hamidi
Ahmad Zahid Hamidi
Ahmad Zahid Hamidi @The Straits Times

Ahmad Zahid Hamidi adalah Menteri Dalam Negeri Malaysia di era Najib Razak. Ahmad mengaku dirinya asli keturunan Indonesia. Kakeknya berasal dari Kulonprogo, Yogyakarta, dan neneknya berasal dari Ponorogo. Ia juga mengaku bisa berbahasa Jawa.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...