Tak Hadir di KTT ASEAN Karena Ketiduran, Presiden Filipina: Apa yang Salah?!
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte @ABS-CBN News

MALANGTODAY.NET – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, diketahui tidak hadir di beberapa pertemuan dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN (KTT ASEAN) di Singapura beberapa waktu lalu. Sejumlah sumber mengatakan bahwa presiden sangar tersebut ketiduran.

Juru Bicara Kepresidenan Filipina Salvador Panelo mengatakan bahwa Duterte tidak menghadiri empat pertemuan yang dilangsungkan para Rabu (14/11/2018) lalu. Duterte sendiri membenarkan bahwa dirinya ketiduran dan memberikan pembelaan diri terkait tidurnya itu.

Baca Juga: Turuti Kemauan Istri, Trump Pecat Wakil Penasihat Keamanan AS

“Apa yang salah dengan tidur siang saya,” ujar mantan Wali Kota Davao tersebut dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/11/2018).

Peristiwa ketiduran ini bukan kali pertama bagi Duterte. Sebelumnya, presiden yang beberapa kali mencetuskan kebijakan kontroversial itu sudah beberapa kali tidak menghadiri pertemuan internasional di luar negeri maupun di Filipina. Banyak rumor berkembang bahwa dirinya mengidap kanker.

Namun rumor tersebut dibantah oleh jubir Panelo. Menurutnya, Duterte selalu bekerja setiap hari hingga larut malam dan hanya tidur kurang dari tiga jam. Ia juga menambahkan bahwa presiden ke-16 Filipina itu absen di beberapa acara bukan karena masalah kesehatan.

Baca Juga: Edward Snowden: Perusahaan Israel Bantu Arab Saudi Dalam Pembunuhan Khashoggi

“Presiden selalu bekerja dengan jadwal yang amat ketat. Itu adalah bukti dia dalam kondisi terbaik,” terang Panelo.

Sebelumnya, Duterte mengaku dirinya memiliki kemungkinan terserang penyakit kanker. Ia sendiri mengaku telah menjalani terapi endoskopi dan kolonoskopi selama beberapa kali. Meski demikian, ia mengaku tak takut dengan kematian. “Itu bukan masalah,” ujarnya dalam pidato kenegaraannya pada Oktober silam.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...