Dulu Sebut Islam Kebohongan, Politikus Ini Kini Jadi Muslim
Joram Van Klaveren @International News

MALANGTODAY.NET – Tak bisa dipungkiri bahwa demam Islamophobia atau kebencian terhadap Islam memiliki gerakan yang cukup masif di Eropa. Belanda menjadi salah satu negara dengan banyak politikus yang menolak Islam sebagai agama. Salah satu nama yang mungkin diingat publik adalah mantan politikus Partai Kebebasan (PVV), Joram Van Klaveren.

Dilansir dari Okezone.com, Van Klaveren merupakan anggota parlemen Negeri Tulip pada 2010. Ia dan Geert Wilders merupakan politikus yang vokal menyuarakan gerakan anti-Muslim. Ia dikenal menyerukan pernyataan-pernyataan keras seperti Islam adalah kebohongan, Al Quran sebagai racun, hingga Nabi Muhammad adalah penipu.

Namun pada 2014, Van Klaveren memutuskan keluar dari PVV setelah berseberangan pendapat dengan orang Maroko. Ia kemudian mendirikan Partai Konservatif pada 2017 yang selanjtunya berujung kekalahannya di parlemen.

Setelah kalah, ia memilih untuk menjadi penulis. Van Klaveren tengah menulis sebuah buku yang melontarkan kritikan pedas kepada Islam. Namun di tengah proses, ia justru mendapatkan hidayah dan akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang Muslim pada Oktober 2018 lalu. Ia sendiri baru mengumumkannya pada 4 Februari 2019 lalu.

“Selama penulisan itu, saya menemukan semakin banyak hal yang mengguncang visi saya tentang Islam,” kata Van Kleveren.

Meski demikian, ia mengaku bahwa menjadi Muslim tak serta merta menyelesaikan pandangan negatif umat Islam terhadap dirinya. Meski demikian, hal itu disebut tak mengurangi usahanya untuk mempelajari Islam lebih dalam. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.