Israel Ngebet ke Indonesia, Kemlu: Indonesia untuk Palestina
Ilustrasi Indonesia dan Israel @Geunta

MALANGTODAY.NET – Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu baru-baru ini memngeluarkan pernyataan menarik. Dalam konferensi internasional di Yerusalem, Minggu (14/10/2018), PM Israel tersebut menyatakan ingin menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia.

“Indonesia sangat, sangat penting bagi kita. Indonesia sangat penting bagi negara (Israel). Indonesia satu-satunya negara yang belum memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, sebagian besar negara lainnya punya,” ujar Netanyahu dilansir dari CNN.

Baca Juga: Jadi Masalah Besar di AS, Pendukung Bumi Datar: Kami Bukan Idiot, Kami Cerdas

Hingga saat ini, Indonesia memang menjadi negara yang belum memiliki hubungan resmi dengan Israel. Salah satu alasan yang menghalanginya adalah sikap Indonesia yang mendukung Palestina dalam konflik antara Israel-Palestina.

Mengenai pernyataan Netanyahu, juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia Armanatha Nasir menegaskan bahwa belum ada yang berubah dari sikap Indonesia hingga situasi di lapangan memungkinkan.

“Posisi Indonesia belum berubah terkait tidak adanya hubungan diplomatik dengan Israel karena memang situasi di lapangan belum memberikan alasan untuk kita mengubah posisi,” ujar Armanatha dikutip dari Detik.com, Senin (15/10/2018) lalu.

Komitmen untuk Palestina

Komitmen untuk PalestinaArmanatha Nasir juga menegaskan komitmen Indonesia yang mendukung kemerdekaan Palestina. Selama ini, Indonesia baru memiliki hubungan dengan Israel di bidang dagang, ekonomi, dan pariwisata saja.

Baca Juga: Beri Pernyataan Pro LGBT, Ramai Hastag #UninstallGojek di Twitter

“Apakah Anda lihat berbagai kegiatan yang telah dilakukan dalam 3 hari Pal;estina di Indonesia? Itu merupakan salah satu komitmen Indonesia untuk Palestina,” tegasnya.

Kemesraan antara Indonesia dan Palestina bukan hal yang rahasia lagi. Tak hanya sikap politis, sebagian besar masyarakat Indonesia memang memperlihatkan dukungan terhadap Palestina. Salah satu hal yang membuktikannya adalah saat Asian Games 2018 lalu di cabang olahraga (cabor) sepak bola yang mempertemukan timnas Indonesia dan Palestina. Terlihat dari dukungan suporter Indonesia terhadap Palestina.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...