Netizen Indonesia dan Malaysia Kompak ‘Serang’ Singapura, Ada Apa?
Ilustrasi netizen marah @DNA India

MALANGTODAY.NET – Baru-baru ini, CNN International telah merilis 50 makanan penutup atau manis terbaik di dunia. dari daftar tersebut, tercantum nama Cendol dan disebut berasal dari Singapura. Hal ini sontak memancing amarah dari netizen Indonesia dan Malaysia.

Bukan rahasia jika warganet dari kedua negara ini kerap berperang di social media dalam urusan klaim-mengklaim budaya. Namun kali ini, mereka dihadapkan pada satu musuh baru, yaitu tetangga mereka sendiri.

Baca Juga  Soal Kasus Pembunuhan Jurnalis Arab Saudi, Ini Pujian Raja Salman
Netizen Indonesia dan Malaysia Kompak ‘Serang’ Singapura, Ada Apa?
Es Cendol @LINE Today

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (5/12/2018), unggahan ini ramai dibicarakan di Twitter. Meski tak menyerang Singapura secara langsung, namun netizen Indonesia dan Malaysia saling mengklaim bahwa Cendol berasal dari negara mereka, bukan dari negara Tumasik itu.

“Hello CNN, Cendol adalah makanan penutup populer Malaysia. Tidak bisa memaafkan CNN yang melabeli cendol sebagai makanan penutup Singapura,” tulis akun Twitter dengan nama Jess.

Seolah tak mau kalah, salah satu netizen dengan nama akun Zuno membantah klaim netizen Malaysia itu. Ia dengan tegas menyebut Cendol adalah minuman khas Indonesia. “Cendol berasal dari Indonesia lah,” tulisnya.

Baca Juga  4 Makanan Aneh dari Luar Negeri Ini Mau Nyaingi Gorengan Indonesia?!

Meski demikian, beberapa warganet tampak cukup waras dengan mengatakan bahwa ada kemungkinan jika Cendol berasal dari kedua negara itu. Namun mereka tetap tidak setuju pernyataan yang menyebutnya berasal dari Singapura.

“Cendol bukan dari Singapura. Singapura punya cendol, bukan berarti asalnya dari Singapura. Mungkin lebih baik diganti Cendol dari Malaysia atau Indonesia,” cuit akun Ong Jun Ren.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.