Fakta 'Sangar' Vatikan, Tanah Suci dengan Angka Kriminalitas Tinggi!
Negara Kota Vatikan @Wikipedia

MALANGTODAY.NET – Bicara seputar negara terkecil di dunia, maka Vatikan menjadi salah satunya. Dengan nama resmi Stato della del Vaticano, negara ini hanya memiliki luas sekitar 44 hektar dengan populasi sebesar 842 jiwa pada 2014 lalu. Negara ini menganut sistem monarki yang diperintah oleh Uskup Roma, Paus.

Sejak tahun 1982, Vatikan diresmikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1984. Walau demikian, negara ini menyimpan fakta unik yang lain dari negara-negara lain pada umumnya. Penasaran apa saja hal itu? Berikut ulasan lengkapnya dikutip dari Steady List!

Negara Terkecil di Dunia
Negara Terkecil di Dunia
Lanskap Vatikan @VideoBlocks

Sudah jelas di awal bahwa Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Meski kecil, namun negara kota ini memiliki kantor pos sendiri, stasiun kereta, stasiun radio, bendera, hingga lagu kebangsaan sendiri.

Gereja Lebih Tua dari Negara
Gereja Lebih Tua dari Negara
Gereja St Peter’s Basilica di Vatikan @Touriocity

Vatikan resmi berdiri 1929 setelah merdeka dari Italia meski gereja sudah ada sejak lama. Diktator terkenal Italia yang terkenal dengan paham fasis, Benito Mussolini, yang menandatangani peresmian tersebut.

Warga Negara ‘Khusus’
Warga Negara ‘Khusus’
Tanda kependudukan Vatikan milik Paus Fransiskus @The Independent

Meski cukup mandiri, namun Vatikan hanya mengakui warga negaranya yang memiliki pekerjaan di tahta suci. Jika tidak, maka kewarganegaraan tersebut tidak berlaku dan secara otomatis menjadi warga Italia.

Penikmat Wine Tertinggi di Dunia
Penikmat Wine Tertinggi di Dunia
Penikmat wine di Vatikan @The Independent

Meski jumlah populasinya sedikit, namun penduduk Vatikan memiliki angka konsumsi wine tertinggi dunia. Menurut data Wine Institute, setiap orang menghabiskan 54,26 liter wine per tahun. Wine tersebut juga dikonsumsi dalam rangka ibadah.

Angka Kriminalitas Tinggi
Angka Kriminalitas Tinggi
Suasana pengunjung Vatikan @Romewise

Menyandang predikat tanah suci nan damai, Vatikan justru mencatatkan angka kriminalitas tinggi. Banyaknya turis berdatangan membuat para pencopet dan perampas gemar beraksi. Hal ini juga disebabkan karena tidak adanya penjara jangka panjang.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.