Ulang Tahun Kim Jong Un @ MalangTODAYnet
Ulang Tahun Kim Jong Un @ MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET Tepat Selasa (8/2/2019) ini, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, berulang tahun. Pemimpin negara termuda di dunia tersebut memiliki banyak kontroversi sepanjang hidupnya. Bahkan untuk usianya sekalipun.

Hingga kini, tidak ada yang tahu pasti tahun berapa sosok yang mencintai basket tersebut lahir. Ada yang menyebut, dia dilahirkan tahun 1983. Namun, Departemen Keuangan AS, pada tahun 2016, mencantumkan tanggal kelahirannya pada tanggal 8 Januari 1984.

Baca Juga  Fahri Hamzah Suruh KPK Pindah ke Korut, Ini Tanggapan KPK

Itu baru dari segi usia, belum lagi tindakan-tindakannya yang selama ini dilakukannya. Salah satu kontroversi yang dilakukan oleh cucu dari pendiri Korea Utara Kim Jong Il tersebut ialah uji coba senjata pemusnah masal.

Di antara tindakan-tindakan kontoversinya tersebut, pemimpin yang hobi mengoleksi sepatu Nike ini memiliki sederet fakta menarik. Berikut MalangTODAY merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Pernah operasiasi plastik

Operasi plastik merupakan suatu tindakan bagi seseorang yang ingin merubah penampilan terutama bagian wajah. Termasuk pada apa yang dilakukan Kim Jong Un.

Tidak seperti operasi plastik kebanyakan. Ia melakukan operasi plastik, agar wajahnya terlihat mirip sang kakek, Kim Il-Sung. Konon, dia ingin tampil sebagai figur ayah bagi warga Korea Utara.

2. Perokok dan penggemar alkohol

Meski gerakan anti rokok terjadi secara masif di negaranya, namun Kum Jong Un termasuk penggemar berat rokok. Ia bahkan pernah sempat tertangkap kamera melakukan hal tersebut. Bahkan rela rogoh kocek US$ 37 juta atau setara Rp 500 miliar untuk menikmati rokok dan membeli mesinnya.

Begitu juga yang terjadi dalam hal alkohol. Di mana ia sanggup menghabiskan jutaan dolar dalam setahun untuk mengimpor minuman keras dari Eropa dan Amerika Serikat.

Selain itu, ia juga gemar dengan keju dan kopi Brazil. Bahkan untuk mengimpor kopi, ia menghabiskan US$ 915,400 atau setara Rp 12,3 miliar untuk mengimpor kopi dari Brasil.

3. Menjadi komandan tanpa latar belakang militer

Pada April 2009, Kim diangkat sebagai Komisi Pertahanan Nasional Korut. Lalu pada 28 September 2010, dia dipromosikan menjadi jenderal bintang empat.

Ketika ayahnya meninggal pada tahun 2011, Kim Jong Un mengambil alih komando Angkatan Darat Korea Utara. Padahal ia sama sekali tidak memiliki pengalaman dunia kemiliteran.

4. Aturan potongan rambut

Potongan rambut unik yang dimilikinya ternyata merupakan hasil potonganya sendiri. Kabarnya, ia selalu tidak percaya dengan tukang cukur rambut.

Lebih dari itu, ia bahkan membuat peraturan yang mana laki-laki wjib meniru gaya rambutnya.

Sedangkan para wanita diminta untuk menggunakan model potongan rambut bob sama seperti istrinya, Ri Sol Ju.

Baca Juga  Selamat Hari Palang Merah Indonesia! Beginilah Sejarah Terbentuknya

5. Mengeksekusi mati anggota keluarganya

Pada bulan Desember 2013, ia dilaporkan memerintahkan eksekusi mati pamannya, Jang Song Thaek. Pamannya itu diduga telah merencanakan perlawanan terhadap negara.

Ada beberapa laporan yang menyebutkan jika pamanya dijadikan santapan untuk anjing-anjing liar. Ada juga menyebutnya mati dibunuh di hadapan regu tembak.

Ketika bibinya memprotes tindakan eksekusi tersebut, akhirnya perempuan itu juga menjadi korban dengan laporan bahwa ia diracun.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.