Emmanuel Macron ©New Statesma

MALANGTODAY.NET –  Presiden Prancis terpilih Emmanuel Macron menjadi presiden termuda di dunia dibandingkan dengan para kepala negara di dunia yang saat ini berkuasa, bahkan termuda dalam sejarah Prancis karena dalam usianya yang baru 39 tahun, dia akan resmi menjadi kepala negara.

Pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Ekonomi, Pembaruan Industri dan Urusan Digital itu terpilih menjadi Presiden Prancis setelah dalam pemilu pada 7 Mei 2017 mengantongi sebanyak 66,06 persen suara dengan mengalahkan kandidat Marine Le Pen yang meraih 33,04 suara, sebagaimana yang diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri Prancis.

Macron akan dilantik pada 14 Mei 2017 di Istana Elysee. Marcon resmi menggantikan Presiden Francois Hollande yang berusia 62 tahun dan juga seniornya dari Partai Sosialis.

Politisi dari Partai Sosialis yang lahir di Kota Amiens, 116 kilometer sebelah utara Paris, ibu kota Prancis, pada 21 Desember 1977 itu memiliki seorang istri yang berprofesi sebagai guru.

Putra dari pasangan Jean dan Michel Macron itu menikahi Brigitte Trognieux pada tahun 2007. Brigitte yang kini berusia 64 tahun, sebelum dinikahi Macron, merupakan seorang janda beranak tiga.

Macron adalah anggota Partai Sosialis dari tahun 2006 hingga 2009. Macron bekerja sebagai Inspektur Keuangan dalam Kementerian Ekonomi Perancis antara 2004 dan 2008. Pada 2007, ia menjabat sebagai deputi rapporteur pada Komisi untuk mempengaruhi pertumbuhan Perancis yang dikepalai oleh Jacques Attali.

Ia kemudian meninggalkan jabatan tersebut untuk menjadi bankir investor di Rothschild & Cie Banque.

Sebelum ia melanjutkan di sekolah tinggi élite Lycée Henri-IV di Paris, Marcon terlebih dulu menempuh pendidikan selama beberapa tahun di lycée La Providence in Amiens yang didirikan oleh Yesuit. Telah banyak gelar yang didapatkan Marcon selama menempuh pendidikan.  (Sumber:Antara)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here