Edward Snowden: Perusahaan Israel Bantu Arab Saudi Dalam Pembunuhan Khashoggi
Edward Snowden @ Time

MALANGTODAY.NET – Seorang whistle-blower yang membocorkan banyak rahasia buruk Amerika Serikat, Edward Snowden baru-baru ini ikut buka suara terkait pembunuhan jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi.

Menurut Snowden yang juga ahli mata-mata ini, salah satu perusahan teknologi dari Israel turut terlibat dalam kasus pembunuhan Khashoggi. Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) ini mengatakan jika spyware produksi keamanan siber Israel digunakan Arab Saudi untuk melacak keberadaan Jamal Khashoggi.

Baca Juga: Diduga Sebabkan Lion Air Terjatuh, Boeing Dikecam Pilot Amerika Berjamaah

Dugaan tersebut disampaikan oleh Edward Snowden saat sedang video conference pada acara yang digelar di Tel Aviv, Israel. Kata Edward Snowden, spyware bernama Pegasus tersebut dijual ke NSO Group Technologies yang dipergunakan untuk melacak para pembangkang negara.

“Orang-orang Saudi itu, tentu saja, mengetahui bahwa Khashoggi akan pergi ke konsulat karena ada janji. Tapi bagaimana mereka bisa tahu tujuan dan rencana (Khashoggi)?” kata Snowden, dikutip dari Anadolu, Kamis (8/11/2018).

Baca Juga: Ini 5 Teori Tentang Kehidupan di Luar Bumi, Boleh Percaya?

Lebih lanjut, Snowden mengatakan bahwa cara Arab Saudi menemukan posisi Khashoggi adalah dengan cara menanamkan spyware tersebut ke smartphone rekan-rekan Khashoggi. Ditengarai spyware Pegasus untuk saat ini merupakan aplikasi spyware terkuat di dunia.

Nama Edward Snowden menjadi begitu populer sejak ia membocorkan ribuan dokumen rahasia NSA kepada media. Atas aksinya tersebut, Snowden dituduh melakukan spionase oleh Amerika Serikat dan menjadi buronan.

Baca Juga: Geliat Bank Sampah di Kabupaten Malang, Ini Kisah Perjuangannya

Snowden yang juga agen CIA tersebut meninggalkan Amerika Serikat yang kemudian mendapatkan suaka tinggal di Rusia pada tahun 2013. Belakangan izin tinggalnya telah diperpanjang hingga tahun 2020.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...