Dubes Korut di Malaysia Dipersona Non Grata Pemerintah Setempat
Dubes Korut di Malaysia, Kang Chol @MalangTODAY.net/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Duta Besar Korea Utara di Malaysia, Kang Chol dipersona Non Grata dan didepak Pemerintah Malaysia, Senin (6/3).

Dubes Kang Chol menjadi seorang yang tidak diharapkan dan diusir oleh Pemerintah setempat lantaran penolakannya terhadap hasil otopsi pihak kepolisian negara tersebut. Hasil otopsi pemerintah setempat, Kim Jong-nam terbunuh akibat diracun menggunakan VX, zat yang oleh PBB ditetapkan sebagai pembunuh massal.

Kepada cbsnews.com, Perdana Menteri Najib Razak mengatakan bahwa, keputusan untuk mengusir Kang Chol adalah tindakan yang tepat demi mempertahankan kedaulatan negara.

“Ini berarti bahwa kita teguh dalam mempertahankan kedaulatan dan martabat kita,” kata Najib

“Jangan pernah menghina negara kita dan jangan mencoba untuk menyebabkan gangguan di sini,” tambahnya.

Pemerintah setempat memberi kesempatan Kang Chol untuk berkemas sampai dengan batas akhir Senin, 6 Maret 2017, pasca dipersona non grata oleh pemerintah setempat pada Sabtu (4/3).

Media pun menerumuni bandara untuk memantau Kang Chol yang terpksa angkat kaki dari Malaysia lantaran perlakuannya terhadap pemerintah setempat.

Masih dikutip dari sumber yang sama, Kang Chol sendiri menyatakan bahwa, “Saya menyampaikan keprihatinan atas tindakan ekstrim yang diambil oleh pemerintah Malaysia, melakukan kerusakan besar untuk hubungan bilateral.”

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here