Dua Rumah Sakit di Suriah Diserang Jet Tempur - MalangTODAY
ilustrasi @tribun

MALANGTODAY.NET – Sebuah serangan dari jet tempur yang diyakini milik Rusia atau Suriah menargetkan dua rumah dakit di Porvinsi Idlib, Suriah pada Kamis (27/4) waktu setempat.

Rumah sakit tersebut merupakan layanan kesehatan yang dikuasai oleh pemberontak.

Petugas penyelamat mengatakan bahwa serangan itu menghantam rumah sakit di Deir al Sharqi, menewaskan sedikit-dikitnya tiga petugas kesehatan dan melukai sejumlah orang.

Serangan kedua menghantam rumah sakit di Maar Zita, desa di Provinsi Idlib Selatan, menewaskan setidak-tidaknya lima orang, kata petugas kesehatan.

“Penguasa dan Rusia berusaha secara sistematis menyerang rumah sakit tersisa di Idlib untuk membuat hidup orang di daerah itu menderita,” kata salah seorang pekerja pertahanan sipil yang mengunjungi kedua tempat tersebut, Younis Abdul Rahim.

Serangan tersebut dilancarkan menyusul serangan sebelumnya yang menyerang sarana kesehatan di Suriah barat laut dalam beberapa pekan terakhir.

Hal senada juga disampaikan salah satu petugas penyelamat, ia mengatakan meski banyak bangunan rumah sakit yang telah dipindahkan ke bawah tanah, itu belum cukup untuk melindungi mereka dari bom yang mereka katakan telah menghantam setidaknya delapan fasilitas medis sejak awal bulan ini.

Badan PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan, mereka dikejutkan dengan kerusakan fasilitas medis yang terjadi di utara Suriah, mereka menambahkan, kehancuran fasilitas itu telah merampas hak ribuan orang untuk mendapatkan layanan kesehatan dasar. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here