Demokrasi Indonesia Masih Tergolong Cacat, Kalah dari Timor Leste!
Ilustrasi kegiatan demokrasi di Indonesia @Nieman Reports

MALANGTODAY.NET – Jika menilik sistem demokrasi di Indonesia, sebagian besar orang dipastikan menganggap bahwa penerapan demokrasi di negeri ini masih tergolong belum sempurna alias cacat. Ternyata, pernyataan tersebut benar adanya. Bahkan negara yang kerap disebut menerapkan demokrasi dengan baik seperti Amerika Serikat (AS) masuk dalam kategori yang sama dengan Indonesia.

Dilansir dari Detik.com, Kamis (10/1/2019), Divisi Intelligence Unit (EIU) dari majalah asal Inggris, The Economist, merilis daftar indeks demokrasi negara-negara di dunia. Sebanyak 167 negara dalam daftar terbagi menjadi 4 kategori, yaitu demokrasi penuh, demokrasi cacat, rezim hibrid, dan otoriter.

Baca Juga  Pelihara Singa, Pria Ini Tewas Diterkam Piaraannya Sendiri!

Indonesia sendiri masuk di kategori kedua, yakni demokrasi cacat. Negeri yang dipimpin oleh Joko Widodo ini berada di peringkat 65 dengan skor sebesar 6.39 dari skala 10. Di lingkup Asia Tenggara, Indonesia secara mengejutkan kalah dari negara yang pernah menjadi bagiannya, Timor Leste, yang menduduki peringkat 42 dengan nilai 7.19.

Hal mengejutkan lainnya adalah negara maju seperti AS, Jepang, Perancis, dan Italia berada dalam kategori yang sama dengan Indonesia. Sementara negara-negara kaya seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar dan China menempati kategori otoriter karena mencatatkan nilai di bawah 4.

Sementara itu, peringkat 1 diduduki oleh Norwegia dengan nilai hampir sempurna, yakni 9.87. Posisinya dibuntuti oleh Islandia dan Swedia yang masing-masing mencatatkan nilai 9.58 dan 9.39. Kategori demokrasi penuh didominasi oleh negara-negara Eropa. Hanya 6 negara yang bukan dari Eropa, seperti Selandia Baru (4), Kanada (6), Australia (9), Uruguay (15), Mauritus (17), dan Kosta Rika (20).

Penilaian yang dilakukan oleh EIU ini mengacu pasca sejumlah kategori yang menjadi unsur-unsur pembangun demokrasi di suatu negara. Kategori tersebut di antaranya adalah partisipasi politik dan fungsi pemerintah.

Baca Juga  Ogah Natalan, 4 Negara Ini Tidak Rayakan Natal 25 Desember

Berikut ini adalah peringkat demokrasi di dunia versi EIU:

Ilustrasi kegiatan demokrasi di Indonesia @Nieman Reports
Indeks demorasi EIU @Detik

Penulis: Radea Hafidh
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.