Bos Huawei Ditangkap di AS, Warga China Serukan Boikot iPhone
Dukungan warga China kepada bos Huawei, Meng Wangzhuo @Reuters

MALANGTODAY.NET – Sentimen Amerika Serikat (AS) – China makin meningkat baru-baru ini. Pasca penangkapan CFO Huawei, Meng Wangzhuo, di Kanada oleh otoritas AS, sejumlah warga China sepakat serukan boikot iPhone di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dilansir dari detikInet, Rabu (12/12/2018), penangkapan Wanzhou ini membuat beberapa organisasi China menggalang dukungan untuk Huawei. Mereka menilai tindakan AS adalah upaya untuk menghalangi kebangkitan negara tersebut.

Baca Juga  Fantastis, Hafiz Cilik Indonesia Suarakan Alquran di Rusia

“Tujuan Amerika adalah untuk menghalangi kebangkitan China. Saya percata kita sebagai orang China haruslah bersatu dan mendukung produk nasional kita,” kata organisasi perdagangan di Shanghai, Nanchong Chamber of Commerce.

Sejumlah media juga dikabarkan gencar menyampaikan kemarahan warga China terkait penangkapan Wanzhou. Seperti People’s Daily misalnya, yang menyebut AS tak beradab karena memperlakukan warga China sebagai kriminal berat dan merendahkan martabat.

Aksi boikot iPhone mulai merajalela dan diterapkan di beberapa perusahaan. Perusahaan komponen elektronik di Shenzen akan memberi karyawannya subsidi 15 persen jika membeli smartphone buatan Huawei atau ZTE. Perusahaan juga tak segan akan menghukum pegawai yang menggunakan Apple.

Baca Juga  Kondom Tua dari Usus Domba Dilelang, Harganya Gila!

“Perusahaan akan menghukum staf yang membeli ponsel Apple dengan denda 100 persen harganya. Stop juga membeli merek Amerika untuk perangkat perusahaan seperti komputer,” sebut mereka.

Beberapa perusahaan juga telah menerapkan langkah serupa untuk melindungi merek nasional. Hal ini merupakan bentuk dukungan terhadap bos Huawei sekaligus menjaga kedaulatan ekonomi Negeri Tirai Bambu itu.


Penulis: Hafidh
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.