Penampakan black hole yang berhasil diabadikan oleh jaringan delapan teleskop di seluruh dunia @BBC
Penampakan black hole yang berhasil diabadikan oleh jaringan delapan teleskop di seluruh dunia @BBC

MALANGTODAY.NET – Para astronom telah berhasil mengambil gambar pertama lubang hitam atau black hole yang terletak di galaksi yang jauh. Black hole ini memiliki luas 40 miliar kilometer atau setara dengan 3 juta kali ukuran bumi. Para ilmuwan menggambarkannya sebagai sebuah ‘monster’.

Ilmuwan dari Radbound University, Belanda, Prof. Heino Falcke mengatakan bahwa lubang hitam itu ditemukan di sebuah galaksi bernama M87. Lubang hitam berjarak 500 juta triliun kilometer. Penampakan balck hole ini berhasil diabadikan oleh jaringan delapan teleskop di seluruh dunia. Ke-8 teleskop ini disebut dengan Event Horizone Telescope.

“Apa yang kita lihat lebih besar dari ukuran seluruh tata surya kita. Ia memiliki massa 6,5 ​​miliar kali dari Matahari,” ucapnya seperti dilansir dari BBC, Rabu (10/9/2019).

Menurutnya, lubang hitam tersebut menjadi yang terberat yang pernah ada. Falcke menyebut sebagai monster absolut; juara kelas berat lubang hitam di semesta.

Hasil jepretan menunjukkan bahwa ada ‘cicin api’ yang sangat terang dan mengelilingi lubang gelap yang melingkar sempurna. ‘Cicin api’ ini disebabkan oleh gas super panas yang jatuh ke lubang hitam tersebut. Cahaya yang lebih terang itulah yang menyebabkan lubang hitam ini terlihat pada jarak yang begitu jauh dari bumi.

“Tepi lingkaran gelap di tengah adalah titik gas yang memasuki lubang hitam; yang merupakan objek yang dimiliki tarikan gravitasi yang begitu besar. Bahkan cahaya pun tidak bisa lepas,” jelasnya.

Sah Secara Teoretis

Menurut Dr Ziri Younsi, dari University College London, mengatakan bahwa meskipun objek ini sangat sederhana, lubang hitam menimbulkan beberapa pertanyaan yang paling kompleks tentang sifat ruang dan waktu; dan pada akhirnya kehidupan kita.

“Sungguh luar biasa bahwa gambar yang kita amati sangat mirip dengan yang kita dapatkan dari perhitungan teoretis kita. Sejauh ini, sepertinya Einstein benar sekali lagi,” ucapnya.

Tetapi memiliki gambar pertama akan memungkinkan para peneliti untuk belajar lebih banyak tentang benda-benda misterius ini. Mereka akan tertarik untuk mencari cara bagaimana black hole menyimpang sesuatu yang dijelaskan dalam fisika. Tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana cincin cerah di sekitar lubang dibuat. Pertanyaan menarik yang muncul adalah apa yang terjadi ketika sebuah benda jatuh ke dalam lubang hitam tersebut (?).(Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.