Bikin Sedih! Begini Potret 5 Negara Paling Miskin di Dunia
Seorang anak asal Kongo @Panjimas.com

MALANGTODAY.NET – Setiap tanggal 17 Oktober dunia memperingati Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia (International Day for the Eradication of Poverty). Peringatan tersebut ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1992. Peringatan ini dilakukan untuk menghormati korban kelaparan, kemiskinan, kekerasan, dan ancaman.

Bertepatan dengan peringatan tersebut yang jatuh pada hari ini Rabu (17/10/2018), berikut ini MalangTODAY.net sudah merangkum 5 negara termiskin di dunia, mengutip Kompas.com.

Baca Juga: Selamat Hari Mencuci Tangan Sedunia, Ini Fakta Unik Tentang Cuci Tangan

Somalia
Bikin Sedih! Begini Potret 5 Negara Paling Miskin di Dunia
Kondisi penduduk di Somalia @newtimes.co.rw

Negara yang terletak di Benua Afrika ini sempat menjadi daerah koloni Inggris dan Italia. Negara ini juga sempat mengalami perang saudara pada tahun 1991 karena runtuhnya pemerintahan Mohamed Siad Barre. Akibat perang saudara tersebut pemerintahan negara ini mengalami kekacauan dan bisa dikatakan vakum. Meski perlahan bangkit Somalia kini masih menjadi negara dengan angka kemiskinan terparah. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 14 juta jiwa, pendapatan perkapita negara ini hanya sekitar USD 400 per tahunnya.

Republik Afrika Tengah (CAR)
Bikin Sedih! Begini Potret 5 Negara Paling Miskin di Dunia
Beberapa tentara Prancis yang menyapa anak-anak di Afrika Tengah@tempo.co

Negara ini merupakan bekas jajahan Prancis yang sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 620.000 kilometer dengan jumlah penduduk sekitar 4,6 juta jiwa. Negara ini dinobatkan sebagai negara dengan level pembangunan manusia terendah pada tahun 2015 oleh Indeks Pembangunan Manusia (HDI). Negara ini memiliki pendapatan perkapita sekitar USD 684 per tahunnya.

Burundi
Bikin Sedih! Begini Potret 5 Negara Paling Miskin di Dunia
Beberapa pengungsi Burundi @VOA News

Selama lebih dari 200 tahun, Burundi menajadi sebuah kerajaan yang merdeka sebelum Jerman menduduki negara tersebut. Setelah diserahkan ke Belgia karena Jerman mengalami kekalahan di Perang Dunia I, Burundi akhirnya merdeka pada tahun 1962. Seperti Somalia, negara kecil ini sempat mengalami perang saudara yang membuat negeri kecil ini porak poranda. Hal ini juga diperparah dengan pembersihan etnis yang terjadi. Negara ini kini memiliki pendapatan perkapita hanya sekitar USD 800 setiap tahunnya. Negara ini juga dinobatkan sebagai negara nomor dua paling tak bahagia pada tahun 2017.

Baca Juga: Perlawanan Para Pedagang Islam Memberontak Belanda Lewat SDI

Republik Demokratik Kongo (RDK)
Bikin Sedih! Begini Potret 5 Negara Paling Miskin di Dunia
Potret warga Republik Demokratik Kongo @Reuters

Negara dengan penduduk sebanyak 78 juta jiwa ini menjadi negara dengan wilayah terluas kedua di Benua Afrika. Meski memiliki wilayah yang luas negara ini termasuk ke dalam kategori negara dengan tingkat kemiskinan yang parah. Hal tersebut dikarenakan peperangan yang terjadi berulang kali. Negara ini hanya memiliki pandapatan perkapita setiap tahunnya sebesar USD 800.

Liberia
Bikin Sedih! Begini Potret 5 Negara Paling Miskin di Dunia
Kondisi salah satu jalan di Liberia @laces.org

Negara tertua di Benua Afrikan ini mendeklarasikan kemerdekaannya pada 26 Julii 1847. Namun penentangan Amerika atas proklamasi kemerdekaan negara ini menyebabkan pecahnya perang saudara pada 5 Februari 1862. Selain itu berbagai konflik internal seperti kudeta militer dan perang saudara lainnya juga menyebabkan negara ini menjadi negara termiskin. Meski sudah mulai membaik, 85 persen penduduk Liberia masih harus bertahan dengan pendapatan tak lebih dari USD 880 per tahunnya.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...