Harga BBM Naik, Warga Meksiko Lakukan Aksi Penjarahan
Warga Meksiko Jarah Toko (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Keputusan Pemerintah Meksiko menaikkan harga Bahan Bakar Minyak, menyebabkan warga setempat bertindak brutal. Bagaimana tidak, ratusan warga turun ke jalan melakukan aksi penjarahan toko sebagai bentuk protes terhadap kebijakan Presiden Enrique Pena Nieto.

Dilansir dari ABC News, Sebanyak 300 toko menjadi korban penjarahan warga yang geram dengan kebijakan tersebut, bahkan, hingga kini dilaporkan ada sekitar 700 warga yang terpaksa ditangkap atas insiden tersebut. Bahkan, dari kasus penjarahan ini dilaporkan sebanyak empat orang tewas, dan kasus ini masih menjadi penyelidikan polisi setempat.

Presiden Enrique menaikkan harga BBM sebesar 20 persen dari harga sebelumnya, kebijakan itu dinilai sudah tepat berdasarkan perhitungan. “Kami tahu bahwa kebijakan ini sangat menyakitkan masyarakat, karena kalau tidak dinaikkan maka akan berdampak tidak baik bagi negara,” kata Enrique sebagaimana dikutip  dari ABC News.

Harga BBM jenis premium di Meksiko berkisar 17,79 peso, artinya jika warga membeli sekitar 4 liter sampai 5 liter maka itu setara dengan Upah Minimum Buruh di Meksiko yakni sekitar 80 peso. Hal itulah yang menyebabkan warga protes dengan aksi turun ke jalan.

Atas insiden tersebut setidaknya 430 warga sudah ditetapkan sebagai tersangka dan hingga kini pihak keamanan masih terus melakukan penjagaan agar rusuh tidak meluas.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here