Angin Santa Ana Kembali Picu Kebakaran di Los Angeles
Skirball Fire yang melahap sedikitnya 6 rumah di kawasan Bel-Air, Los Angeles @ nytimes.com
Editor : Annisa Eka Safitri

Penulis : Annisa Eka Safitri

MALANGTODAY.NET – Kebakaran kembali terjadi di daerah Los Angeles, Amerika Serikat, pada Rabu (6/12). Jago merah yang mengamuk di kawasan California Selatan itu, melahap sedikitnya enam rumah dan ribuan tempat bisnis.

Kebakaran yang dinamakan Skirball Fire ini terjadi pada Rabu (7/12) dini hari di sebuah lahan perkebunan daerah Bel-Air, Los Angeles. Tidak hanya membakar enam rumah warga, musibah ini juga menyebabkan hangusnya gudang anggur milik Rupert Murdoch, pemilik News Coorporation.

Petugas pemadam kebakaran berjuang untuk memadamkan api tersebut. Sayangnya, api tak kunjung padam dan harus dilakukan pemadamam melalui jalur udara.

Akibat kejadian ini, jalan tol San Diego kilometer 405 terpaksa ditutup. Kepala Pemadam Kebakaran Los Angeles, Daryl Osby mengatakan bahwa akan ada ancaman angin kencang susulan, yang mengakibatkan proses pemadaman menjadi terhambat.

Angin Santa Ana Kembali Picu Kebakaran di Los Angeles
Skirball Fire di kawasan Bel Air, Los Angeles @ nytimes.com

“We are expecting some extreme wind behavior this evening,”

“Kami memperkirakan bahwa akan ada angin kencang susulan yang terjadi sore ini,” ucapnya saat konferensi pers, seperti yang dikutip dari reuters.com, Kamis (6/12).

Selain melahap kebun anggur, Skirball Fire juga mengancam koleksi seni kelas dunia yang ada di Museum Getty Center.

Skriball Fire adalah salah satu dari tiga kebakaran yang terjadi di Los Angeles dari hari Senin (4/12) kemarin, akibat hembusan angin Santa Ana.

Angin Santa Ana Kembali Picu Kebakaran di Los Angeles
Thomas Fire, Ventura County @ nytimes.com

Kebakaran terdahsyat, terjadi di kawasan Ventura County pada Senin (4/12). Si jago merah Thomas Fire, melahap lebih dari 150 rumah dan membuat 1.000 petugas pemadam kebakaran harus melawan ganasnya api tersebut.

Gubernur California Jerry Brown, mengumumkan keadaan darurat untuk kawasan Los Angeles sejak Selasa (5/12).

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa dirinya turut berduka atas apa yang terjadi disana. Ia menyampaikan pesan itu melalui akun Twitter pribadinya, @realDonaldTrump.

“Our thoughts and prayers are with everyone in the path of California’s wildfires. I encourage everyone to heed the advice and orders of local and state officials. THANK YOU to all First Responders for your incredible work!”

“Kami turut prihatin atas apa yang terjadi di musibah kebakaran California. Saya berpesan kepada warga setempat untuk mengikuti perintah dari Organisasi Pemerintah Daerah. TERIMA KASIH untuk semua media pemberitaan pertama untuk kerja keras kalian!” ucap Trump.

Hingga Kamis (7/12) waktu Indonesia, belum ada kabar perkembangan dari lingkungan Bel-Air, Los Angeles yang menjadi korban keempat ganasnya angin Santa Ana.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda