Sejarah Dunia Hari Ini, Albert Einstein Terima Nobel. Ini Fakta Menarik Si ‘Gila Kerja’
Fakta-fakta unik Albert Einstein @ MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Banyak yang mengamini bahwa Albert Einstein merupakan ilmuwan terbesar yang ada di abad 20. Temuannya soal teori relativitas yang begitu populer itu membuka cakrawala pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, hingga kosmologi.

Tapi tahukah Anda jika penemuan paling berharga tersebut malah tidak memenangkan penghargaan Nobel Fisika. Albert Einstein baru berhasil merengkuh penghargaan Nobel di tahun 1921 atas penemuannya soal hukum efek fotoelektrik.

Baca Juga: Fakta Sangar Abraham Lincoln, Presiden Amerika Paling Ciamik

Digadang-gadang sebagai orang paling jenius di abad ke-20, berikut beberapa fakta unik Albert Einstein dilansir dari berbagai sumber.

Gagal Tes Masuk Universitas

Bagi kalian yang pernah bersedih karena gagal dalam seleski penerimaan mahasiswa di universitas idaman, janganlah berkecil hati, karena Albert Eisntein pun mengalami hal yang sama dulu saat remaja.

Ketika usianya 17 tahun, Einstein melamar pada Politeknik Federal Swiss. Saat itu Einsten dinyatakan gagal pada tes pengetahuan umum kendati hasil tes matematika dan fisika sangat memuaskan.

Pantang menyerah, keesokan tahun Einstein mencoba lagi untuk melamar di kampus yang sama. Di percobannya yang kedua itu ia akhirnya diterima.

Kondisi Fisik Albert Einstein Saat Lahir Abnormal

Albert Einstein lahir pada tanggal 14 Maret 1879 di Jerman. Saat dilahirkan, Einstein bayi memiliki bentuk kepala yang aneh dan tidak seperti bayi-bayi lain pada umumnya. Einstein bayi lahir dengan bentuk kepala yang terlalu besar untuk anak seusianya.

Baca Juga: Bukan Korut Saja, 4 Negara Ini Pernah Jadi Komunis Tulen

Namun, hari demi hari, ukuran kepala Einstein berangsur-angsur kembali normal. Apakah ini tanda atau wujud dari isi otak yang terlampau besar?

Saat Kecil Dikira Keterbelakangan Mental

Menjalani kehidupan anak-anaknya, Albert Einstein kerap dikira memiliki keterbelakangan mental oleh orang-orang di sekitarnya. Bahkan, ternyata Einstein baru benar-benar bisa bicara dengan sempurna saat usianya menginjak sembilan tahun.

Menolak Dioperasi Hingga Meninggal

Albert Einstein meninggal pada tanggal 14 Maret 1879 di usia 76 tahun. Saat itu, ia mengalami pendarahan internal yang disebabkan oleh pecahnya suatu aneurisma aorta perut. Seharusnya saat itu ia bisa diselamatkan oleh tim dokter melalui jalan operasi.

Namun, Einstein menolak dioperasi. Menurutnya, ia telah melakukan bagiannya dalam hidup dan lebih memilih untuk pergi (meninggal).

“Saya ingin pergi ketika saya ingin. Hambar untuk memperpanjang hidup secara artifisial. Saya telah melakukan bagian saya, sekarang saatnya untuk pergi. Aku akan melakukannya dengan elegan,” sebuah kutipan pernyataan Einstein di ujung hayatnya.

Baca Juga: 4 Teori Spongebob Squarepants Ini Bikin Geleng-geleng Kepala

Einstein dikenal sangat gila kerja (workaholic). Sebelum tutup usia, hal terakhir yang dilakukan oleh Einstein Cuma satu; bekerja.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...