Air terjun api di Taman Nasional Yosemite (RT)
Air terjun api di Taman Nasional Yosemite (RT)

MALANGTODAY.NET – Air terjun api mengalir di Horsetail Fall Taman Nasional Yosemite Amerika Serikat. Air terjun tersebut nampak mengalir pada Minggu (17/2/2019) hingga Selasa (19/2/2019)  setiap sore hari.

Meski disebut air terjun api, nyatanya ini hanyalah sebutan belaka. Sebab, yang mengalir bukanlah api sungguhan.

Istilah api tersebut muncul dari pantulan sinar Matahari sore yang mengenai air terjun. Ketika itu terjadi, air terjun nampak seperti lava yang mengalir.

Air terjun ini nampak begitu eksotis. Sebab, nampak satu warna menyala yang begitu mencolok diantara hamparan putihnya salju. Begitu juga dengan jatuhnya air dari tebing tinggi yang kian mendramatisir suasana.

“Saya pikir ini adalah salah satu pengalaman yang menakjubkan ketika melihat cahaya memancar dari atas tebing dan seakan-akan hutan mengalami erupsi. Saat itu orang-orang yang melihat seketika bersorak dan bertepuk tangan gembira,” ujar seorang fotografer, Doug Holck  dalam video yang ditayangkan BBC.com (21/2/2019).

Fenomena alam ini hanya bisa terjadi pada pertengahan hingga akhir Februari. Syarat lain untuk fenomena ini bisa muncul yakni ketika langit cerah tak berawan dan air mengalir deras.

Meski tergolong air terjun kecil, hal ini tidak menurunkan minat masyarakat untuk menyaksikan fenomena air terjun api. Pihak pengelola pun menyambut dengan baik minat para wisatawan.

Dilansir dari laman resmi Taman Nasional Yosemite, pengelola turut menyesuaikan jam buka tempat wisata dan tidak menerima reservasi tempat. Meski demikian, pengunjung harus mengurus izin memasuki kawasan dan membawa peralatan lengkap.

Jadi, fenomena air terjun api ini memang alami merupakan pantulan dari sinar Matahari yang mengenai air. Bukan harus selalu diidentikkan dengan bahaya bahkan kiamat ya Zens.

(AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.