Ahok @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Animo masyarakat Indonesia di luar negeri akan Pemilu nampaknya tak surut. Kemarin, Minggu (14/4/2019) adalah jadwal pemungutan suara di Osaka, Jepang.

Salah satu warga Indonesia yang memilih di sana adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Namun, Ahok justru ngamuk saat memberikan suaranya di TPS Osaka Jepang. Hal ini lantaran Ahok dikira menyerobot antrean.

“Tadi kan kesannya walaupun saya di nomor 8 kalau ini duluan kertas suara habis saya hilang hak suara saya,” ujarnya dalam video yang beredar di media sosial.

Beberapa orang lain menyatakan hal tersebut berlaku sama dengan pemilih lainnya. Namun, Ahok kemudian menangkal kalimat tersebut karena dirinya sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Itu buat yang belum terdaftar pak, saya terdaftar pak. Beda. Layanin yang punya ini dulu, baru mereka,” lanjutnya.

Ahok kemudian menegaskan bahwa petugas pemungutan suara tidak dibenarkan mendahulukan WNI yang menggunakan paspor dibanding yang sudah terdaftar di DPT.

“Jika bapak mendahulukan yang pakai paspor dibanding yang terdaftar di DPT, bapak melanggar. Bapak boleh begitu sama orang lain. Saya ini anggota DPR RI Komisi II. Saya yang bikin peraturan ini dulu,” ucapnya dilansir dari Kabar 24 Bisnis (15/4/2019).

Konfirmasi Kejadian

Saat dikonfirmasi, Ketua PPLN Osaka Anung Wibowo mengungkapkan bahwa hal ini hanyalah salah paham. Pria asal Belitung Timur ini tidak menyerobot antrean.

Ia memang sempat meminta digantikan antre sementara kepada temannya karena banyak yang meminta foto dengannya. Namun, ketika kembali ke antrean, ia disangka menyerobot antrean.

“Itu salah paham saja. Jadi tadinya kan Pak Ahok sudah antre, tapi dia harus pindah tempat karena banyak massa yang minta foto. Terus ketika beliau kembali ke antrean lagi dikirain nyelak gitu. Terus Pak Ahok nggak terima. Itu juga ngobrol-ngobrol aja, cuma karena sama-sama ngomongnya keras. Sama orang-orang Makassar, sedikit panas. Itu juga sebentar nggak sampai 5 menit sudah selesai urusannya,” terang Anung dilansir dari Detik.com (15/4/2019).

(AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.