Kematian Abraham Lincoln @MalangTODAYnet
Kematian Abraham Lincoln @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Pernah dinobatkan menjadi Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln menjadi salah satu pemimpin yang berpengaruh di dunia. Namun, kenyataannya tidak demikian. Lincoln justru ternyata mengalami depresi  berat selama hidupnya.

Ia disebut-sebut adalah seorang melankolis berat yang mengalami depresi. Anehnya, Lincoln justru tumbuh menjadi pemimpin yang terkuat dalam sejarah.

Tokoh penghapusan perbudakan yang lahir tahun 1809 ini sudah kenyang dengan depresi sejak kecil. Sejak kecil, Lincoln mengalami banyak trauma. Dilansir dari Detik.com (26/7/2010), salah satunya yakni harus menyadari kematian beberapa anggota keluarganya seperti ibu, bibi, dan pamannya.

Tidak hanya itu, Lincoln juga harus menghadapi kenyataan bahwa tunangannnya Anne Rutledge meninggal karena tiroid. Tak sampai di situ, di beberapa kehidupan Lincoln berikutnya, ia terus kehilangan orang-orang terdekatnya karena meninggal seperti kematian putranya Willie yang sata itu berusia 11 tahun.

Diduga, hal-hal inilah yang kemudian menjadikan Lincoln tahan banting. Ia kemudian menjelma menjadi sosok yang kuat. Meski demikian, saat menjadi presiden pun depresi ini belum hilang. Selama bertahun-tahun, ia terus menyembunyikan gejolak hidupnya ini.

Suatu hari, Lincoln pernah bercerita kepada temannya. Ia menyatakan dirinya tidak pernah berani membawa pisau di sakunya. Alasannya, ia takut pisau itu kana membunuhnya.

Walaupun begitu, satu-satunya presiden yang memgang hak paten ini ternyata meninggal karena dibunuh. Ia dibunuh oleh aktor ternama di Amerika Serikat, John Wilkes Booth. John melakukan penembakan terhadap Lincoln ketika Lincoln menonton di Teater Ford pada 14 April 1865 malam.

Sempat dirawat di Petersen’s Boarding House tetapi nyawa presiden AS ini tak tertolong. Lincoln akhirnya menghebuskan napas terakhirnya pada 15 April 1865.  Berdasarkan penyidikan, pembunuhan ini dilatarbelakangi oleh perang saudara antara Amerika Utara dan Selatan.(AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.