Polemik Kontroversi Ibu Kota Israel, Ini 5 Fakta Mencengangkan Yerusalem
Amerika Serikat akui Kota Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel @ MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Tepat satu tahun yang lalu, 6 Desember 2017, Presiden Amerika Serikat Donald Trump resmi mengakui Kota Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Padahal, beberapa presiden sebelum Trump menghindari hal ini dengan alasan untuk menjaga keamanan nasional.

Kota Yerusalem sendiri masih menjadi polemik sebab baik Palestina dan Israel mengakui kota tersebut sebagai ibu kota mereka. Keputusan kontroversial Donald Trump tersebut selaras dengan mengakui kedaulatan Israel di Kota Yerusalem. Pengakuan tersebut tentunya memperburuk hubungan Amerika Serikat dengan beberapa negara yang mendukung Palestina.

Baca Juga  Ternyata Ini Lho Alasan Kenapa Turis Indonesia Dilarang Masuk ke Israel

Pengakuan Donald Trump ini sekaligus menggugurkan 70 tahun konsensus internasional terkait Yerusalem. Parahnya hal ini juga secara tidak langsung mengakhiri upaya mencapai perdamaian antara Palestina dan Israel.

Terlepas dari segala polemik dan kontroversinya, Kota Yerusalem sendiri menyimpan beberapa keindahaan dan daya tarik tersendiri. Dikenal juga sebagai kota pariwisata, berikut ini beberapa fakta menarik dari Kota Yerusalem.

Baca Juga  John Dalton dan Masa Kecilnya yang Menyedihkan
Masjid Al-Aqsa (Kiblat Pertama Umat Islam)
Polemik Kontroversi Ibu Kota Israel, Ini 5 Fakta Mencengangkan Yerusalem
Masjid Kubah Emas Al Aqsa @ Islam Pos

Di Yerusalam berdiri sebuah masjid megah warisan masa lalu. Masjid Al-Aqsa termasuk sebagai tempat paling suci nomor tiga di dunia.

Dahulu, kiblat umat muslim pertama kali bukanlah Kakbah di Kota Makkah, melainkan di masjid Al-Aqsa, Yerusalem.

Kiblat ini kemudian diubah oleh Kanjeng Nabi Muhammad setelah mendapatkan utusan dari Allah ke Kakbah yang berdiri di Masjidilharam, Makkah, Arab Saudi.

Baca Juga  Fakta Unik Andik Vermansyah, Sayap Lincah Indonesia yang Kini Taklukkan Malaysia
Kota 3 Agama
Polemik Kontroversi Ibu Kota Israel, Ini 5 Fakta Mencengangkan Yerusalem
Kota 3 agama Yerusalem @ Tribunnews

Keunikan selanjutnya adalah Yerusalem juga dikenal sebagai kota tiga agama. Di sana, berdiri tiga bangunan suci dari tiga agama yang berbeda.

Bagi umat Islam, berdiri masjid Al-Aqsa. Bagi umat Kristen, menjulang kokoh Gereja Kebangkitan Kudu dan dipercaya sebagai lokasi Bukit Gorgota (tempat penyaliban Yesus). Sedangkan bagi pemeluk agama Yahudi, terdapat sisa-sisa Bait Suci yang sering disebut sebagai Tembok Ratapan.

Kota dengan 1578 Taman
Polemik Kontroversi Ibu Kota Israel, Ini 5 Fakta Mencengangkan Yerusalem
Jerusalem Botanical Garden @ Sciencemag

Kota tua Yerusalem memang menjadi destinasi wisata favorit para pelancong. Daya tarik yang tak boleh dikunjungi adalah ribuan taman yang sudah ada sejak zaman dulu kala.

Baca Juga  Ketimbang The Revenant, Akting Leonardo DiCaprio di 5 Film Ini Lebih Layak Dapat Oscar

Jika jumlah taman di Kota Malang bisa dihitung dengan jari, di Kota Yerusalem ini terdapat 1578 taman. Salah satu yang paling terkenal adalah Jerusalem Botanical Garden yang menyimpan sekitar 10.000 spesies tanaman dari berbagai belahan dunia. Kabarnya taman ini jauh lebih luas dari pada Kebun Raya Bogor, lho!

Kota dengan 60 Museum
Polemik Kontroversi Ibu Kota Israel, Ini 5 Fakta Mencengangkan Yerusalem
Museum Yad Vashem @ weltanschauungmagazine

Tak hanya taman saja, Kota Yerusalem juga menawarkan wisata puluhan museum. Museum Yad Vashem menjadi salah satu destinasi paling favorit wisatawan.

Dalam museum ini, pengunjung akan diajak menyelami sejarah pembantaian bangsa Yahudi di masa lampau. Eits, mendatangi museum Yahudi tidak ada korelasinya dengan kafir, lho ya!

Baca Juga  Tajir Melintir, Kekayaan 6 Orang Ini Tak Bakal Habis 7 Turunan
Pernah Jadi Tempat Sampah
Polemik Kontroversi Ibu Kota Israel, Ini 5 Fakta Mencengangkan Yerusalem
Masjid di Yerusalem @ Republika

Pernah ada suatu masa ketika orang Yahudi tidak diizinkan untuk tinggal di kota ini. Saat itu, Yerusalem sedang dikuasi oleh Bangsa Romawi. Pada masa kependudukan inilah masjid-masjid di Kota Yerusalem difungsikan sebagai tempat sampah.

Ketika umat muslim memenangkan Perang Salib dan berhasil mengusir Romawi dari Yerusalem, Umar bin Khatab kemudian mempersilakan orang-orang Yahudi untuk kembali ke Kota Yerusalem. Umar bin Khatab dan seluruh umat muslim pengikutnya pun bahu membahu membersihkan sampah-sampah tertinggal dengan tangan kosong.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.