Bukan Korut Saja, 4 Negara Ini Pernah Jadi Komunis Tulen
Ilustrasi komunis @Nikkei Asian Review

MALANGTODAY.NET – Paham komunisme dari Indonesia telah benar-benar dihapuskan. Meskipun dulu Partai Komunis Indonesia adalah salah satu partai terbesar, namun karena dianggap menganggu ideologi Pancasila, partai sekaligus paham tersebut sudah diberangus dari Nusantara berpuluh tahun yang lalu.

Bahkan, berbicara soal komunisme di Indonesia merupakan hal yang sangat tabu. Tapi itu hanya berlaku di Indonesia saja, ya. Hingga hari ini, beberapa negara di dunia masih ada yang menganut paham ideologi komunisme tersebut.

Baca Juga: Orang Terkaya Sebut Perang Dagang AS – China Terbodoh di Dunia

Dilansir dari Liputan6.com, berikut 4 negara pernah penganut komunisme di dunia.

Kongo
Kongo
Warga Kongo @Reuters

Negara di Afrika Tengah ini memeluk ideologi komunis semenjak kemerdekaannya pada tahun 1960. Namun praktik ideologi tersebut tak berlangsung lama karena Kongo menghentikannya sejak 15 Maret 1992.

Baca Juga: Trump Beri Sanksi Terdahsyat Pada Iran, Israel: Terima Kasih

Afghanistan
Afghanistan
Warga Afganistan @Washington Post

Cukup mengejutkan mengingat negara muslim ini ternyata pernah menganut ideologi komunis. Tapi sayangnya, rezim ini di Afghanistan  tak mampu bertahan lama dan hanya bertahan hingga 28 April 1992.

Albania
Albania
Warga Albania @The National

Komunisme berjaya di Albania setelah perang dunia kedua. Namun selepas pemimpin partai komunis Enver Hoxha meninggal, kemunduran komunisme makin terlihat yang kemudian menyusul jatuhnya komunis pada 1991.

Baca Juga: Negara Ini Gelar ‘Razia’ Anti LGBT, Pemerintah AS Peringati Warganya

Angola
Angola
Warga Angola @African Arguments

Angola menjadi negara Afrika pertama yang menganut ideologi komunis. Meski demikian, sejumlah pihak tidak menyetujui rezim tersebut dan berujung pada perang saudara di tahun 1975. Bahkan perang ini masing berlanjut hingga 2002 meski Uni Soviet runtuh pada 1992.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...