Hari Kereta Api Nasional, PT KAI Rilis Rangkaian Kereta Baru Sebagai Kado
Kereta Api Kutojaya (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Hari ini, Jumat (28/9/2018), merupakan hari jadi perkeretaapian Indonesia yang telah berumur 72 tahun. Selain sebagai hari jadi, 28 September juga ditetapkan sebagai Hari Kereta Api Nasional.

Sekitar satu bulan setelah kemerdekaan Indonesia, para pegawai kereta api Indonesia baru berhasil mengambil alih Balai Besar Kereta Api Bandung dari kuasa kolonial Jepang.

Atas keberhasilan tersebut, akhirnya 28 September ditetapkan sebagai Hari Kereta Api Nasional di Indonesia. Tak hanya itu, di tanggal tersebut juga sebagai tanda berdirinya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).

Baca Juga: Gempa 6 Skala Richter Guncang Donggala, Warga Sulawesi Diminta Waspada

Rilis Rangkaian Kereta Baru

Sekaligus dalam rangka momen ulang tahun Kereta Api Indonesia ke-72, PT KAI Daop 5 Purwokerto resmi merilis dua rangkaian kereta baru.

KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir PP dan KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Purwoketo-Jakarta Pasar Senen mengalami perubahan stamformasi menggunakan rangkaian New Image (Stainles Steel) mulai hari ini.

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan bahwa perubahan tersebut sebagai program pembaharuan armada PT KAI yang juga sekaligus kado ulang tahun KAI yang ke-72.

Baca Juga: Dugaan Penggelapan Rp 600 juta, Manajer Rumah Opa Dilaporkan ke Polda Jatim

“Perubahan ini sebagai program PT KAI untuk memperbarui armadanya, dan kado HUT KAI ke 73 untuk Daop 5”, ungkap Supriyanto kepada detik.com, Kamis (27/9/2018).

KA Purwojaya relasi Cilacap-Gambir PP sebmuala hanya memiliki 8 rangkaian kereta eksekutif lama dengan kapasitas 400 seat. Penambahan ini membuat KA Purwojaya kini memiliki 9 rangkaian kereta eksekutif new image dengan kapasitas 450 seat.

Untuk KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Purwokerto-Jakarta Pasar Senen PP sebelumnya hanya menggunakan 8 rangkaian kereta ekonomi dengan kapasitas 848 seat.

Baca Juga: Asiknya Nobar Sambil Ngopi di Eiskaffee

Atas pembaharuan ini, KA Kutojaya Utara kini memiliki 9 rangkaian kereta premium new image dengan kapasitas 720 seat. Sehingga kini, para penumpang KA Kutojaya akan menikmati tempat duduk di dalam kereta yang lebih nyaman dan lebih longgar.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...