Gempa 4,5 SR Guncang Sumba Barat Daya
Ilustrasi gempa © Istimewa

MALANGTODAY.NET – Sebuah guncangan kembali melanda Indonesia, kali ini sebuah gempa dengan kekuatan 4,8 skala richter mengguncang wilayah Binjai, Sumatera Utara (Sumut) pada hari ini (18/3) sekitar pukul 17.51 WIB.

Hal tersebut disampaikan oleh Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Wilayah I Medan. Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan menyatakan gempa tersebut berlokasi 3.40 LU, 98.50 BT, di darat, 22 km Barat Daya Binjai-Sumut berkedalaman 5 km.

Menurut dia, pusat gempa sebenarnya masih sama dengan gempa-gempa sebelumnya yakni di Sibolangit, Deliserdang.

Gempa itu dirasakan hingga di sejumlah wilayah Medan. Namun belum diperoleh data kemungkinan gempa itu menimbulkan kerusakan atau korban jiwa di sejumlah daerah. Selain gempa, BMKG menganalisa sebagian wilayah Medan, Binjai, Langkat, Karo, Deliserdang dan sekitarnya mulai pukul 17.40 WIB, berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Cuaca seperti itu akan berlangsung hingga pukul 20.30 WIB dan meluas ke wilayah Serdang Bedagai dan sekitarnya.

Pantauan di Medan, pascagempa terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

“Gempa terasa sekali di STM. Pas nyantai duduk-duduk sore, terasa bergoyangnya,” kata Juli warga STM Medan kepada Antara, Sabtu (18/3).(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here