Bursa Cawapres 2019: Mahfud MD Menguat, Bagaimana Nasib Cak Imin?
Mahfud MD ungguli nama lain di bursa cawapres 2019 @ Indopos

MALANGTODAY.NET – Pendaftaran Capres – Cawapres 2019 akan ditutup dua hari lagi. Di waktu yang semakin mepet tersebut, nama Mahfud MD dikabarkan menungguli nama bakal calon lainnya untuk menemani Jokowi di Pemilihan Presiden 2019.

Dilansir dari Kumparan.com, partai-partai koalisi yang ada di kubu Joko Widodo mayoritas telah sepakat dengan penunjukkan nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia periode 2008-2013 tersebut.

Sejauh ini nama Mahfud memang selalu intens dikaitkan berkomunikasi dengan Istana. Dikutip dari situs Kumparan, berbagai sumber mengatakan bahwa Mahfud MD hampir dipastikan menjadi cawapres Jokowi.

Baca Juga: Sederet Asisten Artis yang Jadi Selebriti, Nomor 4 Lebih Terkenal dari Artisnya

Sosok Mahfud MD dianggap sebagai kandidat paling ideal untuk mendampingi Jokowi lantaran memiliki spesialisasi keahlian di bidang hukum. Selain itu, dirinya juga dianggap sanggup merepresentasikan umat muslim di Indonesia berkat afiliasinya dengan Nahdlatul Ulama (NU).

Berbicara soal cawapres yang merepresentasikan umat muslim Indonesia, sejatinya di awal NU dan PKB menjagokan nama Muhaimin Iskandar untuk mendampingi Jokowi. Namun belakangan nama Ketua Umum PKB tersebut tidak lebih diunggulkan dari Mahfud MD.

Pada awal bursa pemilihan, pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut menolak nama Mahfud lantaran dianggap tidak merepresentasi NU. Selain itu, Mahfud yang tidak berpartai dan tidak memiliki massa muslim yang kuat menjadi salah satu alasan Cak Imin.

Baca Juga: Ngeri Atau Ngawur, Roy Kiyoshi Prediksi Bencana Alam Indonesia 7 Bulan Lalu?

Sebelum nama Mahfud menjadi semakin kuat sebagai cawapres pendamping Jokowi di Pemilihan Presiden 2019, parpol koalisi Jokowi terbelah menjadi dua. Partai NasDem, PDIP, Partai Golkar, Partai Hanura, PSI, PKPI, dan Perindo telah setuju dengan nama Mahfud sejak awal. Sementara resistensi muncul dari PKB dan PPP yang lebih memilih nama Cak Imin.

Seperti yang diberitakan oleh Kumparan.com, disinyalir telah dilakukan lobi politik oleh partai koalisi Jokowi agar Cak Imin dan NU setuju pemilihan nama Mahfud sebagai cawapres.

Keputusan akhir sepenuhnya ada di tangan Jokowi. Apakah benar Mahfud MD yang mendampinginya sebagai cawapres atau ada nama lain yang menjadi kejutan.

Baca Juga: Video Ashanty Hampir Kecebur Saat Sesi Pemotretan di Air Terjun


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika