Salah satu spot di The Rabbit Town Instagram fitriaprilia
Salah satu spot di The Rabbit Town @ Instagram / fitriaprilia

MALANGTODAY.NET Bandung merupakan kota wisata yang sudah banyak dikenal baik dari wisatawan lokal maupun asing. Itu karena banyaknya opsi destinasi wisata yang menarik di sini. Namun jika menganggap wisata di Ibukota Jawa Barat ini mahal, maka buang jauh-jauh deh pikiran tersebut.

Saking kreatifnya Zens, konsep beberapa lokasi wisata dirancang seperti berada di luar negeri dengan budget yang minimalis. Maka itu, berwisata ke Bandung bisa dilakukan meski kantong sedang tipis. Gak heran kalau situs Agoda menyebut Bandung menjadi destinasi favorit kedua setelah Bali.

BACA JUGA: 5 Kisah Horor Legendaris Kampus ITB Bandung, Bayanginnya Aja Ogah!

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung, wisatawan yang masuk ke Kabupaten Bandung pada 2017 berjumlah 2,6 juta orang. Sedangkan, jumlah wisatawan yang masuk ke Kota Bandung berdasar data dari Disparbud Kota Bandung mencapai 6,97 juta orang.

Berikut, 6 destinasi wisata di Bandung yang gak bikin kantong kamu tipis:

Floating Market Lembang

Salah satu pengunjung di floating market Instagram audialisa
Salah satu pengunjung di floating market @ Instagram / audialisa

Floating Market dikonsep sebagai tempat wisata keluarga yang unik dan lengkap. Selain pasar kuliner terapung, kamu juga bisa mencoba berbagai spot menarik yang bisa dinikmati bersama keluarga, seperti Kota Mini, penyewaan kostum Jepang dan Korea, Rainbow Garden, dan wahana permainan air.

Di dalam area Floating Market juga terdapat beberapa tempat yang membuat pengunjung seakan berada di sebuah desa di Jepang dan di sebuah ladang bunga di Jerman.

Objek wisata yang terletak di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang ini buka Senin–Jumat dari pukul 09.00–17.00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu–Minggu dan hari libur, jam buka dari pukul 09.00–20.00 WIB.

Biaya masuk ke Floating Market Rp 20 ribu di akhir pekan/hari libur dan Rp 15.000 di hari biasa. Untuk menikmati berbagai wahana di area Floating Market, pengunjung dikenai biaya tambahan.

Orchid Forest Cikole

Salah satu spot di Orchid Forest Cikole Instagram titen_rahayuni
Salah satu spot di Orchid Forest Cikole @ Instagram titen_rahayuni

Orchid Forest Cikole berada di lahan seluas 10 hektare dengan ketinggian 1500 mdpl di Lembang, Bandung Utara. Udara yang sejuk dengan jajaran pohon pinus akan menambah keseruan dalam mengeksplorasi eduwisata berbagai bunga anggrek lokal maupun mancanegara.

Gak cuma itu Zens, Orchid Forest Cikole juga menyediakan berbagai wahana permainan, di antaranya Sky Bridge yang merupakan jembatan gantung yang terbuat dari tali tambang putih dan kayu. Lampu akan otomatis menyala saat malam, sehingga tercipta suasana romantis.

Orchid Forest berada sekitar 5 kilometer dari Alun-Alun Lembang. Pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 25.000. Namun, untuk hari besar seperti libur Lebaran, harga tiket naik menjadi Rp 35.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 100.000 untuk turis mancanegara.

The Lodge Maribaya

Salah satu spot di The Lodge Maribaya Instagram ziporayu
Salah satu spot di The Lodge Maribaya @ Instagram / ziporayu

The Lodge Maribaya adalah tempat rekreasi kekinian dengan fasilitas lengkap yang pasti bikin betah kaum muda. Ada sky tree, bamboo sky, outbond, hot air balloon, zip bike, dan gantole yang bisa dicoba Zens.

Wisata yang berlokasi di Jalan Maribaya No. 149/252 Cibodas, Lembang ini juga menawarkan keindahan alam Bandung yang bisa diresapi dengan menginap di Glamping The Lodge Maribaya.

Untuk biaya masuk pengunjung dikenakan tarif Rp 20.000 (weekdays)- Rp 25.000 (weekend) – Rp35.000,00 (libur nasional), dan Rp 325.000 (penginapan).

The Rabbit Town

Salah satu spot di The Rabbit Town Instagram fitriaprilia
Salah satu spot di The Rabbit Town @ Instagram / fitriaprilia

Sempat viral di media sosial saat awal peluncurannya, Rabbit Town merupakan salah satu lokasi wisata yang menawarkan spot foto menarik tanpa harus ke luar negeri. Rabbit Town terletak di wilayah Jalan Rancabentang No. 30, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

Upside Down World

Sama seperti saudaranya yang ada di Bali dan Yogyakarta, Upside Down World menawarkan sederet spot foto dengan setting serba terbalik. Wisata unik ini berada di Jalan H. Wasid No.31 (Dipatiukur), Desa Lebakgede, Kecamatan Coblong.

Jam operasionalnya adalah pukul 10.00-20.00 WIB. Untuk biaya masuk pengunjung dikenakan tarif Rp 50 ribu (anak-anak) dan Rp 100 ribu (dewasa).

Sekitar Alun-alun

taman Alun-alun Bandung yang baru @ tribunnews
Taman Alun-alun Bandung yang baru @ tribunnews

Beberapa tempat wisata di Bandung juga ada yang tidak dikenakan tarif. Salah satunya adalah menikmati alun-alun Kota Bandung. Sejak diresmikan kala itu oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, 31 Desember 2014, taman seluas 1.200 meter persegi ini berdiri di atap sebuah bangunan parkir dan dibungkus dengan rumput hijau sintetis.

Alun-alun ini memiliki fasilitas seperti arena bermain anak, perpustakaan, dan juga tersedia jaringan WiFi. Di sebelah utara alun-alun, terdapat sebuah halte bus yang cukup panjang untuk melengkapi fasilitas di taman pusat kota ini.

Kamu juga bahkan bisa menaiki tower dari Masjid Raya Bandung dan menyaksikan Kota Bandung dari ketinggian. Lebih dari itu, kamu juga bisa mengunjungi beberapa spot belanja. Melihat-lihat koleksi barang-barang unik di Pasar Antik Cikapundung.

Dengan jarak yang berdekatan dari alun-alun, bahkan kamu juga bisa mengunjungi bangunan tempo dulu yang berada di Jalan Braga.

 

 

Loading...