Proses sterilisasi banjir akibat jebolnya tanggul kalli Cijalobak @Kantor SAR Bandung
Proses sterilisasi banjir akibat jebolnya tanggul kalli Cijalobak @Kantor SAR Bandung

MALANGTODAY.NET – Lagi-lagi Bandung terendam air. Kali ini, daerah yang terdampak yaitu kawasan Ujungberung, Kota Bandung tepatnya pada Senin (1/4/2019) sore. Banjir kali ini disebabkan karena jebolnya tanggul kali Cijalobak yang ada di Kelurahan Pasirendah.

Tanggul ini berada tepat di belakang SDN 106 Aji Tunggal. Akibatnya, tembok belakang sekolah tersebut jebol karena tidak bisa menahan desakan air. Menurut informasi, jebolnya tanggul tersebut terjadi sekitar pukul 15.15 WIB.

“Tanggul jebol di belakang sekolah SD Aji Tunggal. Kejadian sekitar pukul 15.15 WIB,” ungkap Koordinator Humas dan Protokoler Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor dilansir dari Kompas.com (1/4/2019).

Saat itu, murid-murid masih berada di dalam sekolah dan terjebak genangan air. “Masih banyak murid berada di dalam sekolah,” tegasnya.

Informasi terbaru, seluruh siswa-siswi yang terjebak kini telah dinyatakan selamat. “Semua siswa selamat. Kita juga sudah koordinasi dengan dinas terkait,” kata Camat Ujung Berung Taufik dilansir dari Detik.com (1/4/2019).

Lebih lanjut, Taufik mengungkapkan alasan jebolnya tanggul karena hujan deras selama dua jam yang mengguyur kawasan tersebut. Selain SDN 106 Aji Tunggal, sekolah lain yang juga mengalami kerusakan yaitu SDN 224 Cijambe.

“Jebolnya tanggul diduga karena volume air yang besar dari atas. Hujan tadi cukup deras selama dua jam. Akibatnya dua sekolah di depan SDN 224 dan 106 Aji Tunggal sempat terendam dan mengalami kerusakan,” imbuhnya.

Sampai malam ini, SAR masih terus melakukan sterilisasi untuk memastikan tidak ada korban di lokasi terdampak.

“Kami sedang melakukan sterilisasi lokasi. Kami enggak mau ada korban yang tertinggal. Karena di titik banjir ada material yang terbawa arus seperti meja belajar, rak buku, tembok ada yang roboh, pembersihanlah. Kami sterilisasi sampai sejam ke depan,” papar Joshua. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.