Kebun Kopi (Harian Nasional)
Kebun Kopi (Harian Nasional)

MALANGTODAY.NET – Kerjasama antar daerah bahkan negara dapat dilakukan dari berbagai sektor. Salah satunya dari sektor pertanian yaitu dengan mengusung potensi kopi.

Di Jawa Barat utamanya di Bandung, Pemkot Bandung berencana untuk mendirikan Pusat Edukasi Kopi. Hal ini lantaran banyak masyarakat sekarang sudah mulai kembali menggandrungi kopi.

Baca Juga  Terjamin, Gelandangan dan Anjal di Bandung Tidur di Hotel dan Makan Makanan Enak

Ide ini telah disampaikan oleh pihak Pemkot Bandung dan salah satu universitas di Korea Selatan, Universitas Sungkyul. Dalam kunjungannya ke Bandung, Rektor Universitas Sungkyul, Dong Cheol Yoon mengutarakan bahwa masyarakat Korea juga menggemari kopi. Segmentasi penggemar kopi disana lebih mengarah pada kalangan menengah ke atas.

“Warga Korea sangat menyukai kopi, terutama kalangan menengah ke atas. Mereka juga senang saat ditawari kopi dari Indonesia,” ujarnya dilansir dari Tribunnews.com (9/1/2019).

Ia juga melihat kopi di daerah Jawa Barat sudah berada dalam sistem yang baik.

“Ada banyak perkebunan kopi di Jawa Barat dan ekosistem pasar kopi sudah terbentuk dengan baik di Kota Bandung. Maka kami ingin melakukan kerja sama yang lebih serius,” ungkapnya.

Dengan potensi itu, pihak Korea nantinya berencana untuk mengajak para wisatawan menggali lebih dalam tentang kopi-kopi Indonesia. Hal ini akan lebih menguntungkan dan dianggap lebih professional ketika ada suatu lembaga khusus di Jawa Barat terutama Bandung dengan menyediakan potensi wisata yang berbeda.

Baca Juga  Pemkot Bandung Adakan Uji Emisi Gratis, Tapi Kok Usir 53 Mobil?

Semenatra itu, Wali Kota Bandung, Oded M Danial juga menyetujui ide yang telah digagas ini. Ia berharap hal tersebut bisa segera dieksekusi dan tidak mendapatkan kendala berarti.

“Idenya saya sangat setuju. Ini sangat baik menurut saya, tinggal eksekusinya saja juga harus baik,” pungkas Oded.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.