Role Play Ala PUBG, Remaja Ini Tak Sengaja Bunuh Temannya
Game PUBG @ Wccf Tech

MALANGTODAY.NET – Kontroversi terhadap wacana Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar) terkait fatwa haram game PUBG terus bergulir di masyarakat. Pihak yang termasuk dalam golongan kontra adalah komunitas PUBG itu sendiri.

PUBG Bandung Community amat menyayangkan adanya wacana ini. Menurut mereka, ketenaran PUBG di Indonesia tidak akan membawa dampak kekerasan yang terlalu signifikan.

Hal ini berbeda dengan negara-negara di luar sana seperti Selandia Baru yang belakangan ramai dengan kasus penembakan. Ia mengklaim orang-orang Indonesia hanya memainkan PUBG untuk kepentingan hiburan.

“Sayang juga, sebenarnya kan kalau ini kan cuma hiburan main game isi waktu-waktu luang disela kesibukan kerja,” ujar Koordinator PUBG Bandung Community Eris Pasah dilansir dari Viva (22/3/2019).

Menurutnya, gamers Indonesia cenderung tidak berani untuk membeli senjata-senjata tersebut. Eris juga berani menyatakan bahwa masyraakat sipil di Indonesia akan sulit untuk mendapatkan senjata tersebut.

“Kalau di Indonesia sendiri senjata tidak diperjual belikan secara bebas beda sama negara lain, jadi di Indonesia aman, nggak bakalan ada sipil punya senjata gitu,” katanya.

Sebelumnya, kabar akan wacana haram ini memang bergulir dari MUI Jabar. Kemudian, MUI Pusat juga akan ikut mempertimbangkannya. MUI Pusat mengatakan bahwa fatwa haram ditujukan agar tidak ada jalan bagi sebuah kejahatan.

Sejalan dengan MUI, Kominfo juga menyatakan akan melakukan pemblokiran game ber-genre battle royale ini jika memang diperlukan. Meski demikian, Kominfo tetap meminta MUI untuk benar-benar mengkaji kerusakan akibat bermain PUBG.

“MUI lembaga independen, kalau memang dirasakan merusak, dikaji dulu, dan silakan diajukan ke Kemkominfo. Kami siap menindak lanjuti permintaan pemblokirannya,” jelas Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan dilansir dari CNN Indonesia (22/3/2019). (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.