Lamborghini Sesto Elemento
Lamborghini Sesto Elemento (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Untuk sekedar memenuhi gengsi, apa saja pasti dilakukan termasuk modifikasi mobil. Beruntungnya, untuk memenuhi hasrat orang Indonesia yang tidak terlalu memiliki modal cukup untuk membeli mobil-mobil mewah tersebut, Bandung punya pabriknya.

Sebetulnya bukan pabrik besar, melainkan hanya bengkel mobil modifikasi. Bengkel tersebut adalah Extreme Modifikasi milik Ronny Nopirman. Bengkel di kawasan Beleendah Kabupaten Bandung ini sudah dirintis sejak tahun 2003.

Awalnya, ia melakukannya atas dasar hobi dan dilakoni sendiri. Namun, sejak tahun 2009 ia sudah lebih memperlebar usaha dan pasaran bisnisnya. Terbukti, mengambil pasar bisnis yang cenderung unik dan langka, ia sukses bertahan hingga sekarang.

Ia bersama tim melakukan replikasi mobil. mobil-mobil yang semula adalah mobil biasa kemudian bisa menjadi mobil mewah tanpa beli bekas maupun beli baru, hebat bukan?

Mengenai ukuran, Ronny mengaku ia hanya berpedoman pada gambar dan feeling. “Nyontek dari gambar, dari miniaturnya juga, sama feeling juga,” ujarnya dalam video Youtube yang diunggah oleh Apros Auto (3/2/2019).

Suasana bengkel Extreme Modifikasi (Extreme Modifikas)
Suasana bengkel Extreme Modifikasi (Extreme Modifikasi)

Beberapa mobil yang sudah berhasil diubah rangkanya yakni mobil Ducati dari rangka dasar mobil Nissan Infinity. Kemudian ada juga rangka mobil Aventador, Ferrari, Lamborghini.  Mobil-mobil yang biasa digunakan sebagai dasar (basic) adalah Honda Odyssey dan Jazz.

“Apasih yang nggak bisa dipake” candanya.

Meski demikian, Ronny mengaku tidaki semua mobil bisa dimodifikasi. Mobil tersebut harus memenuhi syarat yaitu mesinnya di depan. Jika pada keluaran asli mesinnya ada di penggerak belakang maka itu cukup sulit.

Untuk suara berat yang dihasilkan mobil mewah dan sport pada umumnya. Ronny mengaku pihaknya tidak berfokus pada hal tersebut. Ia lebih memprioritaskan bentuk. “Kita prioritaskan bentuk untuk sehari-hari, suara bisa diubah,” terangnya.

Mengenai harga jual, Ronny mengaku harganya mulai dari Rp 300 juta ke atas. Ada juga harga yang dipatok untuk konversi mobil sekitar Rp 150 juta. Tergantung kesulitan pengerjaan.

Umumnya, pengerjaan bisa memakan waktu berbulan-bulan. Ada yang waktu pengerjaannya selama delapan bulan. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.