Pantai Pangandaran (IG @julaeniunun)
Pantai Pangandaran (IG @julaeniunun)

MALANGTODAY.NET – Pantai Pangandaran adalah salah satu pantai selatan yang ada di Jawa Barat. Sebagai pantai selatan, tentu Pantai Pangandaran tidak lepas dari mitos Nyi Roro Kidul yang sering disebut kerap mencari tumbal.

Kabar yang beredar, kebanyakan korban yang termakan oleh Pantai Pangandaran adalah warga Bandung. Meski demikian, banyak juga korban tenggelam dan terseret arus yang tidak berasal dari Bandung.

Baca Juga  5 Tempat Pesugihan Paling Populer di Jawa

Beberapa cerita pembenaran mitos inipun kemudian banyak beredar dan dipercaya masyarakat. Salah satunya yakni berkaitan dengan sejarah Nyi Roro Kidul sendiri.

Menurut cerita yang beredar, Radja Padjadjaran dulu mempersunting seorang wanita untuk dijadikan istri. Sayangnya, wanita tersebut hanya dijadikan istri simpanan oleh sang raja.

Suatu ketika, wanita tersebut hamil dan mengabarkan hal tersebut kepada Raja. Mendengar hal tersebut, reaksi sang Raja menjadi tak biasa. Raja justru marah dan memerintahkan prajuritnya untuk membuang istrinya tersebut ke hutan.

Istri raja pun sedih atas perilaku tersebut. Ia kecewa dan akhirnya ia berjalan tanpa arah dan tujuan. Tanpa sadar, tiba-tiba ia sampai di pesisir pantai selatan. Akibat putus asa dan tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan, ia akhirnya memutuskan untuk bunuh diri.

Ia berniat bunuh diri dengan cara menghanyutkan tubuhnya ke laut. Mengetahui niat itu, penguasa laut kidul (Jawa: selatan) pun akhirnya memerintahkan prajuritnya untuk menyelamatkan istri raja tersebut.

Baca Juga  5 Tempat Pesugihan Paling Populer di Jawa

Kemudian, penguasa laut kidul memutuskan untuk mengangkat wanita tersebut menjadi anaknya. Setelah itu, penguasa laut kidul memberinya nama Nyi Roro Kidul dan memberinya kesaktian untuk memimpin laut selatan.

Diketahui, wanita yang hingga kini disebut Nyi Roro Kidul itu ternyata masih menyimpan dendam kepada Raja Padjadjaran dan keturunanya. Oleh karena itu, hingga sekarang masyarakat masih banyak yang meyakini bahwa jika ada orang Bandung yang beraktivitas di Pantai Pangandaran akan tertimpa musibah. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.