Ruang tahanan Soekarno di penjara Banceuy (IG @nomorduatiga)
Ruang tahanan Soekarno di penjara Banceuy (IG @nomorduatiga)

MALANGTODAY.NET – Tempat-tempat yang memiliki kaitan dengan sejarah biasanya menyimpan banyak cerita mistis. Salah satunya yaitu penjara Banceuy yang ada di Jalan Banceuy, Kota Bandung.

Sebagaimana diketahui, presiden RI pertama, Soekarno pernah merasakan pahitnya hidup dalam penjara Banceuy. Pada masa itu, Soekarno dijebloskan ke penjara Banceuy karena dianggap berbahaya bagi pemerintah Belanda.

Dulunya, Banceuy merupakan tempat penampungan kuda. Namun kini, kawasan Jalan Banceuy mulai ramai dengan para pedangang. Penjara Banceuy pun keberadaanya mulai tak nampak secara jelas dari jalan raya.

Penjara Banceuy malam hari (Jiwa Nusantara)
Baca Juga  Ternyata Begini Asal Mula Kopiah Jadi Lambang Nasionalisme

Meskipun begitu, kisah mistis di dalamnya tetap ada. Menurut kesaksian salah seorang penjaga penjara Banceuy, Ahmad (50). Ia mengaku sel tahanan tersebut biasa digunakan beberapa orang untuk melakukan hal-hal klenik.

“Dari luar kota, luar pulau juga banyak. Biasanya datang serombongan. Ada yang nadran, mendoakan yang sudah meninggal. Supaya dapat ampunan, supaya naik pangkat. Yaa..bagaimana kepercayaan dari mereka saja,” ujar Ahmad dilansir dari Detik.com (1/4/2013.

Di dalam sel tahanan tersebut, biasanya pengunjung menaruh dupa, bunga melati, dan rokok. Terkadang juga ada beberapa pengunjung yang hanya ingin mendengar cerita sejarah tempat ini dan mengambil foto.

Suatu ketika, pada tahun 2012, kejadian mistis pernah dialami oleh seorang pria yang berniat akan menjual motornya. Saat itu, pria yang diketahui berasal dari Kuningan tengah memotret motor yang akan ia jual.

Setelah memotret, pria tersebut diketahui jatuh sakit. Ketika hasil jepretannya dibuka, ternyata yang muncul adalah gambar sesosok pria berbadan besar yang menghadap kamera.

“Jadi saat itu ada orang yang mau jual motor, dia hendak foto motornya tepat di belakang monumen penjara. Tak lama orang yang motret itu sakit dan kagetnya lagi saat membuka hasil jepretan di ponselnya bukan motor tapi seperti sosok pria berbadan besar yang melihat kamera dengan menyilangkan tangan,” beber Ahmad.

Tidak hanya mendengar cerita dari orang-orang, Ahmad sendiri mengaku pernah mengalaminya. Ia mengaku ada sesuatu yang selalu membangunkannya. Ia menyatakan saat ia jaga dan ketiduran di pos, ada suara yang menyuruhnya untuk pindah tidur.

“Pak.. Pak … Bangun Pak. Sudah malam pindah tidurnya,” ujar suara misterius di pos penjara Banceuy.

Penjara Banceuy (Bandung Diary)
Penjara Banceuy (Bandung Diary)
Baca Juga  Perjuangan Bung Karno Susun Teks Kemerdekaan RI di Penjara Banceuy

Selain itu, ia juga pernah mendengar ada suara yang meintanya untuk mengunci pagar pembatas bekas penjara Bung Karno. Suasana kala itu kian mencekam karena terdengar saat hujan deras sedang mengguyur.

“Jadi dulu malam-malam hujan deras, saya mau benerin pipa, eh di belakang saya ada yang manggil dan minta untuk kunci pagar pembatas, pas dilihat suaranya ada tapi orangnya ga ada,” ungkap Ahmad. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.