Cireng @Okezone
Cireng @Okezone

MALANGTODAY.NET – Setiap daerah pasti memiliki makanan dan jajanan khas masing-masing. Di Bandung, ada beberapa jajanan yang sangat terkenal seperti ragam aci-acian. Bahkan, kabar tersohornya makanan-makanan ini sudah tersebar hingga kota-kota lain di Pulau Jawa. Apa saja itu?

1. Cireng

Cireng @Fimela
Cireng @Fimela

Cireng merupakan kepanjangan dari aci digoreng. Komposisi dasarnya memang aci atau kanji alias tepung tapioka. Cireng lebih nikmat disajikan saat hangat. Kalau sudah dingin, jangan protes kalau susah dikunyah ya Zens.

“Kayak siomay tapi keras,” ujar salah satu talent channel youtube Kokiku Tv dalam program Kata Bocah, Gastan.

I can’t crunch it (Aku nggak bisa ngunyah),” ungkap Kevin.

2. Cilok

Cilok @SajianSedap
Cilok @SajianSedap

Nah yang ini semua pasti kenal ya. Jenis aci yang ini disajikan dengan dicolok alias ditusuk. Mangkanya diberi nama aci dicolok atau disingakat cilok. Tekilas, tampilannya mirip bakso tapi cita rasanya berbeda.

“Rasanya nggak kayak bakso, kayak siomay tapi belum dimasak,” ucap Gastan.

3. Batagor

Batagor @Dapur Kobe
Batagor @Dapur Kobe

Kalau batagor sudah bukan murni dari kelompok aci-acian. Makanan ini sudah terkontaminasi. Ups, maksudnya sudah ada komposisi bahan tambahan seperti ikan tengiri dan tahu. Dalam satu porsi, variannya juga banyak bahkan ada  yang dilengkapi dengan pare, kubis, dan kentang.

I like it (aku suka),” ujar Kevin saat pertama melihatnya namun kemudian tidak mengakuinya lagi setelah mencobanya.

“Di dalem isinya tuh kayak bakso, tapi enak,” Kezia.

4. Mie Kocok

Mie Kocok @Selerasa
Mie Kocok @Selerasa

Namanya juga mi, isinya pasti ada mienya dong. Meskipun namanya mie kocok, tapi penyajiannya tidak jauh beda dengan mie lainnya. sajian ini tidak menghidangkan mie dengan cara dikocok terlebih dahulu.

Nice, taste like squishy (Enak, rasanya kayak squishy),” ujar Kevin usai menyantapnya.

5. Cuanki

Cuanki @Travelingyuk
Cuanki @Travelingyuk

Dalam video berjudul Kata Bocah tentang Jajanan Khas Jawa Barat (Cilok, Cireng, Batagor) ini, cuanki tidak disajikan terpisah. Makanan ini disajikan bersama mie kocok.

Istilah cuanki sebetulnya bukan dari komposisi makanannya, tapi cara penjualannya. Cuanki merupakan singkatan dari cari uang jalan kaki. Sementara, komposisi bahan pembutaannya yaitu  tahu dan daging.

“Keras amat, kayak sapi nih. Kayak gorengan, tapi enak,” tutur Calista.

“Kok kayak otak ya,” imbuh Kezia.

“Lucu namanya” celetuknya kemudian.

6. Es Goyobod

Es Goyobod (Republika)
Es Goyobod (Republika)

Setelah cobain makanan, kini giliran minuman segar dan menggugah selera untuk dicicipi. Nama esnya adalah es goyobod. Es ini berisikan roti, nangka, dan menggunakan air santan. Minuman ini asalnya dari Garut, Jawa Barat tapi banyak dijual di Bandung.

“Ada roti, nangka,” urai Gastan.

“Enak segar,” kata Calista.

Dari enam jajanan yang pasti ditemui di Bandung tersebut, empat talent Kata Bocah yaitu kezia, calista, Dylan, kevin  memfavoritkan cuanki. Sedangkan Gastan lebih memilih batagor. Nah, kalau kamu doyan yang mana nih? (AL)

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.