Formasi Bulan dan awan yang mirip mata @IG lurah kita
Formasi Bulan dan awan yang mirip mata @IG lurah kita

MALANGTODAY.NET – Masyarakat Bandung dihebohkan dengan fenomena alam yang cukup mengejutkan. Pasalnya, pada Minggu (21/4/2019) malam ada fenomena berupa kenampakan mirip mata di langit. Sekilas, mata tersebut nampak menyiratkan amarah yang tak terbendung.

Meski demikian, ini bukanlah kejadian langka yang harus ditakuti. Pasalnya hal ini hanyalah penampakan biasa gabungan dari Bulan dan awan. Pergerakan awan yang sedang berada di depan Bulan jika dilihat dari Bumi lah yang mengakibatkannya.

Pada tanggal (21/4/2019), Bulan berada dalam fase waning gibbous. Secara visual, piringan Bulan yang nampak dari Bumi sebesar 96 persen sehingga masih nampak hampir bulat. Luas piringan yang mendekati bulat sempurna ini kemudian nampak seperti bola mata.

Kemudian di sekeliling Bulan terlihat ada awan. Warna awan di sini menjadi terang karena dipengaruhi oleh cahaya Bulan. Secara keseluruhan, gabungan formasi awan dan Bulan ini nampak seperti sebuah mata.

Warganet yang mengetahui video ini kemudian mengaitkannya dengan hal yang tidak-tidak. Mereka mengaitkan fenomena tersebut dengan Dajjal, kemarahan Tuhan, hingga Pemilu yang baru saja usai. Padahal, ini hanyalah peristiwa biasa.

Hal ini juga ditegaskan oleh Pejabat Pengelola dan Dokumentasi LAPAN Bandung, M Ferdiansyah Noer. Pria yang akrab disapa Ferdi ini menjelaskan bahwa fenomena ini hanya kebetulan saja.

“Ini hanya bulan ketutup awan. Kebetulan saja bentuknya seperti itu. Tidak ada fenomena alam tertentu,” ujar Ferdi dilansir dari TribunJabar (22/4/2019). (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.