Bandung Creative Hub (amirayamira)
Bandung Creative Hub (amirayamira)

MALANGTODAY.NET – Selain korupsi, masyarakat Indonesia ternyata masih belum lepas dengan praktik pungutan liar (pungli). Baru-baru ini tersiar kabar terkait adanya pungli di Bandung Creative Hub (BCH).

Dilansir dari Pikiran Rakyat (15/1/2019), ada seorang eks tenaga kontrak BCH yang mengungkapkan hal tersebut melalui blog pribadinya. Eks tenaga kontrak tersebut bekerja di BCH sejak Februari hingga Desember 2018.

Disana, ia bersama 34 orang tenaga kontrak lainnya memiliki peran dalam mengembangkan konsep, aturan, konten promosi, dan perluasan jaringan. Setelah terbentuk konsep yang demikian, BCH akhirnya semakin banyak dikenal oleh warga Bandung.

Statistik pengunjungnya melaju pesat. Di tahun 2018 saja, total sudah ada lebih dari 2.000 pengunjung. Jaringan yang terhubung dengan BCH juga semakin luas. Kemajuan inilah yang kemudian membawa BCH berada dalam pusaran tambang pungli yang menggiurkan.

”Kemudian mulailah muncul sosok-sosok yang semula bertopeng, kemudian menampakkan wajah asli­nya. Memungut uang-uang yang kemudian mereka sebut sebagai uang penebus lelah atas bantuan yang sudah diberikan,” begitu tulis sang eks tenaga kontrak BCH.

Para tenaga kontrak merasa ada yang tidak beres dengan hal ini. Akhirnya mereka pun mengumpulkan bukti kuat namun masih belum maksimal. Hingga akhirnya mereka kontrak mereka selesai di penghujung tahun 2018.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bandung, Kenny Dewi Kaniasari menyatakan bahwa pihaknya akan mengusut kasus ini beserta bukti yang kuat.

”Yang saya dengar cuma pemberi­an dari penyelenggara acara kepada OB dan satpam. Bentuknya cuma kadeudeuh, kainget, berterima kasih. Mungkin karena kita minta kembali bersih, tidak berantakan lagi, karena bertujuan untuk pemanfaat yang lain, mungkin mereka min­ta tolong OB dan satpam,” ujar Kenny dilansir dari Pikiran Rakyat (14/11/2019).

Lebih lanjut, Kenny menambahkan bahwa BCH masih akan tetap beroperasi di bawah Disbudpar Kota Bandung. Ia juga mengajak warga Bandung untuk tetap beraktivitas di BCH. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.