Jalur Busway (Tribunnews)
Jalur Busway (Tribunnews)

MALANGTODAY.NET – Mengikuti Jakarta, Bandung tak lama lagi juga akan menyediakan busway. Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung Didi Ruswandi. Menurutnya, yang akan dibangun jalur busway adalah di Jl. Soekarno Hatta dan Jl. Asia Afrika.

“BRT (Bus Rapid Transit) itu ada jalur khusus seperti Jakarta itu busway. Nah yang itu tuh kita termasuk 1 dari 4 kota mendapat jalur khusus untuk bus. Lokasinya belum ditentukan, tiga kemungkinan yaitu Jalan Soekarno Hatta, lingkar selatan atau Jalan Asia Afrika,” ujar Didi dilansir dari Merdeka.com (11/1/2019).

Busway yang merupakan Pengembangan Angkutan Umum Massal Pilot Project Sutrinama (Indonesia Sustainable Urban Transport Program) dan Indonesian BRT (Bus Rapid Transit) Corridor Development Project ini rencananya akan beroperasi tahun 2021 mendatang.

“Rencananya beroperasi 2021, tapi karena sudah ada kajian dengan Korea semoga bisa diperkirakan 2020,” ujarnya.

Kedepannya, hadirnya busway di Bandung bisa semakin memudahkan akses tranportasi warga Bandung. Kemacetan di dalam kota pun sedikit bisa dihindari. Rencananya pula, penumpang busway ini disuplai oleh penumpang angkot.

“Terkait angkot kita rencananya mau studi angkot ini jadi feeder. Kalau misalnya jalur utamanya ada bus maka siapa yang nyuplai penumpang ke bus, angkot ini. Turun dari bus mereka naik angkot. Ke depan polanya inginnya seperti itu,” jelasnya.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.