Nasi Kalong @Travelingyuk
Nasi Kalong @Travelingyuk

MALANGTODAY.NET – Beberapa orang mengaku kalau nggak makan nasi rasanya masih belum makan. Terkadang, walaupun sudah makan nasi, kita masih bosan dengan rasa nasi putih yang itu-itu saja. Nah, kalau mau coba makan nasi yang nggak biasa, bisa coba beberapa nasi unik khas Bandung ini dilansir dari Sebandung.com.

1. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom @foodyid
Nasi Tutug Oncom @foodyid

Sama seperti namanya, nasi tutug oncom tentunya mengandung oncom. Tepatnya nasi putih akan dicampur dengan oncom bakar yang telah diberi bumbu. Kemudian, umumnya nasi ini disajikan dengan dibungkus daun pisang. Untuk menyantapnya, disandingkan dengan ayam dan lalapan adalah paling tepat.

2. Nasi Timbel

Seporsi nasi timbel @Maicih Resto
Seporsi nasi timbel @Maicih Resto

Nasi timbel sudah jadi makanan Sunda populer di kalangan masyarakat. nasi ini berbahan dasar beras merah dan dibungkus daun pisang. Biasanya nasi ini digunakan para petani sebagai bekal makan siang mereka di sawah. Sebagai makanan khas Sunda, lauk yang ada di nasi timbel ini juga tidak aneh. Beberapa lauk yang umum mendampingi yaitu ikan asin, ayam goreng, dan tahu tempe, plus sambal. Lezat!

3. Nasi Kalong

Seporsi Nasi Kalong @fajarsatritama
Seporsi Nasi Kalong @fajarsatritama

Nama kalong di sini bukan berarti nasinya disajikan dengan kalong alias kelelawar ya. Maksud dari nasi kalong adalah nasi yang dijual ketika malam hari. Arti kalong yang diambil yaitu aktivitas kelelawar yang aktif di malam hari.

Nasi yang disajikan berupa nasi berwarna ungu. Warnanya ini didaptkan dari campuran beras merah, kluwek, dan bumbu rempah lainnya. Untuk lauknya, konsumen bisa memilih lauk nasi pada umumnya.

4. Nasi Bambu

Nasi Bambu @sbykulinerinfo
Nasi Bambu @sbykulinerinfo

Mungkin untuk yang baru pertama kali mendengar, sajian dari nasi ambu ini pastilah seperti lontong bahkan lemper. Yap, penyajian nasi ini memang dibungkus, tapi dibungkus dengan bambu.

Awalnya, nasi akan ditanak lebih dahulu dan diberi bumbu rempah atau bisa ditambah teri medan dan kemangi. Setelah itu, nasi dibungkus dengan daun pisang lalu  dimasukkan dalam bambu. Kemudian, nasi dalam bambu tersebut dikukus.

Dilansir dari Tempo.co (28/7/2010), jenis bambu yang umum dipakai dalah bambu bitung. Sebab, ukuran bambu tersebut pas untuk seporsi nasi bambu.

5. Nasi Bakar

Nasi Bakar @Notepam
Nasi Bakar @Notepam

Selanjutnya ada nasi bakar.nasi bakar ini sudah umum dikenal banyak masyarakat Indonesia. Hampir sama dengan nasi bambu, nasi bakar akan dicampur dengan bumbu dan teri medan terlebih dahulu. Setelah itu, nasi akan dibungkus dalam daun pisang baru dibakar. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.