Kedapatan Memiliki Tembakau Gorilla, 'AN' Diciduk Polisi 
Ilustrasi tembakau gorilla @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Bukannya mengejar prestasi dan kemampuan yang bisa membawa manfaat bagi banyak orang, tiga pelajar Kota Bandung ini justru meracik tembakau gorila. Tiga pelajar ini yaitu MZF (19), MAKW (19), dan DAR (19).

Diketahui saat ini mereka masih duduk di bangku kelas 12. Mereka ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Barat pada Jumat (15/3/2019).

“Jadi kami bersama BNN melakukan penangkapan. Pelaku masih di bawah umur,” ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Jabar Kombes Enggar Pareanom di Mapolda Jabar, dilansir dari Detik.com (15/3/2019).

Selama ini, mereka melakukan peracikan di sebuah kamar apartemen yang mereka sewa. Apartemen tersebut yaitu Apartemen Grand Asia Afrika Residence, Jalan Karapitan, Kota Bandung. Tepatnya kamar lantai 18 nomor 26.

“Kamar apartemen tersebut berlokasi di Apartemen Grand Asia Afrika Residence, yang berada di Jalan Karapitan, Kota Bandung, berhasil kita bongkar,” jelas Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo, dilansir dari Galamedianews (19/3/2019).

Di kamar tersebut, petugas menemukan beberapa barang bukti. Diantaranya adalah alat produksi, bahan-bahan kimia, dan paket-paket berisikan tembakau gorila.

“Barang bukti di dalam laci lemari berupa bahan kimia untuk membuat tembakau gorila. Termasuk di laci tersebut didapatkan peralatan-peralatan khusus yang digunakan sebagai alat produksi. Sehingga tersangka pun tidak bisa mengelak saat kami dari Polda Jabar lakukan penangkapan,” ucap Trunoyudo.

Mereka mengaku bisa menyewa kamar apartemen dari uang keuntungan meracik barang haram ini. “Keuntungannya ini dibagi tiga. Dari penjualan ini, mereka bisa mampu menyewa apartemen,” lanjutnya.

Lebih lanjut, hasil penyidikan mengungkapkan bahwa mereka melakoni bisnis industri rumahan tembakau gorila ini kurang lebih sudah 6 bulan.

“Kami melihat pelaku bisa membuat narkoba dengan lihai, Bahkan jika kelebihan dosisnya bisa membuat pemakainya menjadi ‘gila’ secara permanen,” terangnya.

Tembakau gorila adalah salah satu jenis narkotika. Menurut Permenkes No 2 Tahun 2017, tembakau ini termasuk sebagai narkotika Golongan I. Efek yang ditimbulkan yakni halusinasi, rasa gembira, dan rasa ketergantungan. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.