sesajen
Seseorang melakukan ritual peletakan sesajen saat Hari Raya Nyepi @ Instagram / susenoadji

MALANGTODAY.NET Masyarakat Bali lebih khusus penganut agama hindu memulai hari dengan doa yang diiringi sesajen bunga untuk dipersembahkan kepada Dewa-Dewi Bali. Selain mendapat keberuntungan dan menolak kesialan, sesajen juga sekaligus sebagai media untuk ucapkan rasa syukur kepada para Dewa.

Ada simbol dalam pemberian sesajen, yaitu sesajen sederhana dipersembahkan setiap hari termasukn di sudut-sudut jalan. Sedangkan, sesajen istimewa dipersiapkan untuk acara-acara keagamaan tertentu. Di pura-pura, sesajen untuk Dewa dan roh para leluhur diletakkan di altar yang tinggi, sedangkan sesajen untuk roh-roh jahat diletakkan di bagian dasar.

Baca Juga: Kalahkan Singapura dan Korea, Waterpark Terbaik se-Asia Ada di Bali

Sebagai wisatawan yang berkunjung ke Bali, hal tersebut tentu bukanlah hal biasa. Kita tentu harus menghormati ritual tersebut termasuk untuk gak menginjaknya. Bagaimana jika itu terjadi?

Jangan sengaja injak sesajen

Percaya atau gak, hal itu bisa menyebabkan kita mengalami celaka atau kejadian-kejadian yang gak mengenakan. Padahal menurut kepercayaan warga Bali, ada sesajen merupakan penghormatan supaya kita gak kena celaka.

Beda ceritanya kalau terpaksa dan gak bisa menghindar. Misalnya saat lagi naik motor atau mobil dan gak sengaja melindas sesajen atau ketika lagi melewati jalan sempit dan mau gak mau harus menyenggol sesajen yang terletak di tengah jalan.

Tapi, kadang ada juga turis nakal yang malah sengaja menginjak atau menyenggol sesajen di Bali. Mungkin itulah yang membuat orang-orang gerah dan berusaha mengingatkan ke semua pengunjung agar gak lagi menginjak sesajen.

Cerita horor setelah menginjak sesajen

Pernah ada orang yang sehabis menginjak sesajen lalu ia mandi. Ketika ia mandi, ia menemukan keran shower-nya bergerak sendiri seperti ada yang menggerakan. Ia bahkan mengalami mimpi buruk pada malam harinya.

Baca Juga: Ikut Terkena Imbasnya, Roy Suryo Disindir Bonek Karena Hal Ini

Ada juga cerita soal rombongan pelajar Solo yang harus menghentikan study tour mereka karena banyak siswa yang kesurupan ketika sedang sarapan di hotel.

Berdasarkan keterangan saksi mata, mereka awalnya melihat ada seorang siswa yang iseng menaruh kepingan snack ke dalam sesajen di hotel. Dan masih banyak cerita horor lainnya akibat menginjak sesajen di Bali.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...